Kisah Mobil Esemka di Awal Desember 2018: Sudah Diproduksi Tapi Belum Rilis?

35
Mobil Esemka yang Diparkir di Halaman Pabrik

Salah satu calon wakil presiden yaitu Kyai Haji Ma’ruf Amin telah mengungkapkan kabar tentang rencana peluncuran Mobil Esemka di bulan Oktober 2018 ini. Proses produksinya pun dinyatakan telah hampir rampung. Akan tetapi, sayang sekali karena memasuki akhir tahun 2018 sekarang belum ada kabar lanjutan tentang peluncuran Mobil Esemka tersebut.

Tampilan pabrik yang lokasinya di Boyolali tersebut telah menunjukkan puluhan mobil berwarna putih yang ditata rapi pada bagian gudang luar. Namun, belum ada konfirmasi lanjutan terkait kapan mobil-mobil tersebut akan dapat diluncurkan sesuai rencana.

Secara fisik, mobil-mobil yang terparkir di bagian luar pabrik tersebut tampak sudah siap diluncurkan. Namun, pada kenyataannya ada banyak penjagaan di sekitar lahan berukuran 11,4 hektare itu. Jadi, tidak banyak informasi yang bisa diperoleh terkait tanggal pasti peluncuran Mobil Esemka.

Berdasarkan ide awalnya, Mobil Esemka merupakan salah satu harapan bagi masyarakat Indonesia untuk bisa memiliki kendaraan yang berlabel “Made In Indonesia”. Yang lebih menggembirakan lagi, mobil ini digagas oleh para remaja yang merupakan siswa SMK di Jawa Tengah. Jadi bukan hal yang mengherankan jika rakyat Indonesia menginginkan informasi tentang pembuatan serta rencana peluncuran produk otomotif tersebut.

Meskipun hanya karyawan saja yang boleh masuk dan para petugas melakukan banyak penjagaan secara ketat, namun harapan para awak media untuk bisa mendapatkan informasi tentu sangat besar. Karena informasi ini selanjutnya akan disebarluaskan pada masyarakat Indonesia yang ingin membeli unit Mobil Esemka serta mendukung langsung produk dalam negeri tersebut.

Berdasarkan informasi dari warga setempat, pabrik Mobil Esemka melakukan aktifitas setiap hari secara rutin. Masyarakat hanya tahu sedikit informasi tentang pabrik ini karena terbatasnya akses bagi orang luar meskipun warga yang rumahnya berdomisili di sana.

Aneh tapi unik, ada fakta menarik dari pabrik Mobil Esemka yang masih jadi misteri, karena tidak ada satu orangpun pekerja yang diambil langsung dari desa. Meskipun kenyataannya banyak pemuda berusia produktif di desa sekitar pabrik. Dengan demikian, semakin minimlah informasi yang diterima oleh masyarakat.

Saat ini, masyarakat Indonesia hanya bisa berharap agar Mobil Esemka segera diluncurkan. Jadi, akan banyak orang yang membelinya. Siapa tahu, di masa depan mobil yang digagas oleh putra puyri bangsa terutama para siswa SMK ini bisa go internasional. Meskipun hal ini masih berstatus sebagai harapan, tetapi tidak ada salahnya untuk terus mendukung pembuatan produk otomotif tersebut.

Di akhir Desember ini, sudah banyak orang yang ingin membeli Mobil Esemka, seperti salah satu calon presiden yaitu Prabowo Subianto. Bukan hanya calon presiden, tetapi salah satu calon presidennya yaitu Sandiaga Uno juga ingin ikut berpartisipasi dalam membeli produk otomotif dalam negeri ini.