Kisah Inspiratif Khalifah Usman Bin Affan yang Patut Diteladani

16

Siapa yang belum mengenal khalifah Usman bin Affan? Usman bin Affan merupakan khalifaur Rasyidin ke-3 yang menggantikan Umar bin Khattab ketika sudah wafat. Usman bin Affan memiliki nama lengkap Usman bin Affan bin Abi Al-ash bin Umawiyah bin Abdu Syams. Usman bin Affan merupakan sosok yang sangat dermawan dan murah hati. Ia adalah orang yang paling kaya di masa sebelum Islam dan setelah Islam didirikan.

Usman bin Affan diangkat oleh kaum muslimin, mereka semua sepakat Usman bin Affan adalah orang yang tepat menggantikan Umar bin Khattab. Pada tahun 24 hijriyah, Usman resmi menjadi khalifah pada masa itu.

Ketika Usman bin Affan menjadi khalifah, banyak prestasi yang dicapainya, seperti :

  1. Melakukan penaklukan di beberapa kota, yang sebelumnya sudah dilakukan oleh khalifah Umar bin Khattab r.a. Penaklukkan yang dilakukan khalifah Usman tidak tanggung-tanggung, ia menaklukkan beberapa jalur seperti jalur darat dan jalur laut untuk memperluas wilayah Islam.
  2. Membeli sumur Arumah dan menyerahkannya kepada kaum muslimin agar terus bertahan hidup
  3. Terjadi perbedaan cara membaca Al-qur’an (qira’ah) atau yang kita kenal dengan qira’atus sab’ah dibeberapa negara Islam. Tak habis disitu, kemudian Usman menyatukan semua perbedaan cara membaca qira’ah tersebut dalam satu bacaan yang sering dibaca Rasulullah saw. Adapun mushaf bacaan Al-Quran yang beliau standarkan merupakan bacaan Al-quran yang dibaca oleh umat muslim hingga saat ini.
  4. Membuat angkatan laut pertama. Ekspedisi militer muslim pertama yang ada di wilayah laut adalah yang dibuat oleh Usman bin Affan yang dilakukan dengan tujuan untuk memerangi pasukan Romawi yang dipimpin oleh Kaisar Konstantin di pantai Kilikiya. Pada saat itu, kaum muslim dipimpin oleh Muawiyah bin Abu Sufyan. Perang Dzatus Syawari ini dimenangkan oleh kaum muslimin, karena panglima dari pasukan Romawi kalah terbunuh.

Khalifah Usman bin Affan meninggal, karena dibunuh oleh para pemberontak yang termakan hasutan fitnah Abdullah bin Saba, seorang Yahudi yang menggagas kelompok sesat aliran Syiah. Para pemberontak tersebut melakukan pengepungan di rumah Usman bin Affan dari akhir bulan dzulqa’idah, kemudian mereka masuk ke rumah beliau dan membunuhnya dengan pedang serta kemudian mereka menjarah semua harta yang ada di baitul mal. Usman bin Affan menjadi khalifah selama 11 tahun yaitu dari tahun 24 – 35 hijriyah.