Kisah Abu Bakar Ash-Shidiq yang Wajib Kamu Teladani

11

.

Siapa yang belum kenal sahabat nabi yang bernama Abu Bakar Ash-shidiq? Abu Bakar Ash-Shidiq mempunyai nama asli Abdulloh bin Usman bin Amir bin Amr bin Ka’ab bin Sa’ad bin Taim. Beliau berasal dari suku Taim. Gelar Ash-Shidiq merupakan pemberian Rasulullah saw yang artinya orang yang paling jujur dan terpercaya.

Pada saat jaman jahilliyah, ia merupakan orang pertama yang mengharamkan minuman keras terhadap dirinya. Sosoknya yang paling disegani di kalangan suku Quraisy, menjadikan dirinya sebagai penasehat oleh kaum Quraisy. Selain itu, ia juga perantara bagi para sahabat nabi yang lain ingin masuk Islam. Adapun sahabat nabi yang dimaksud adalah Usman bin Affan, Zubair bin Awwam dan Abdurrohman bin Auf.

Abu Bakar Ash-Shidiq menjadi khalifah pertama sepeninggal wafatnya nabi Muhammad SAW. Sebelum meninggal, Rasulullah memberikan isyarat kepada Abu Bakar untuk menggantikannya sebagai imam shalat selama beberapa hari di masjid, hal ini terjadi karena pada saat itu Rasulullah sedang sakit keras.

Abu bakar resmi dibaiat oleh kaum muslim pada tahun ke 11 Hijriyah. Ketika beliau memimpin banyak prestasi yang diraihnya, antara lain :

  1. Melanjutkan misi rasulullah yang belum selesai sampai akhirnya rasulullah dipanggil Allah lebih dulu yaitu memperluas wilayah Islam, dengan menaklukkan beberapa kota yang dipimpin Usamah bin Zaid.
  2. Memerangi kaum murtad yang mengaku dirinya menjadi nabi setelah rasulullah wafat, seperti : Aswad Al-Ansi, Musailamah Al-kazab, Tulaihah bin Khuwailid Al-asadi.
  3. Memerangi orang yang enggan membayar zakat setelah wafat Rasulullah
  4. Memerintahkan Zaid bin Haritsah untuk mengumpulkan orang Al-Qur’an dari berbagai tempat penulisan, baik dikulit, lempengan kayu dan batu serta yang dihafal dalam dada para penghafal Al-qur’an. Hal ini dilakukan agar Al-Quran terjaga kemurniannya dan kesuciannya.

Abu bakar meninggal dunia pada usia 63 tahun, setelah menderita sakit selama kurang lebih 15 hari. Lokasi pemakamannya terletak di sebelah makam nabi. Banyak sahabat nabi yang lain sedih mendengar kabar wafatnya sahabat nabi yang satu ini, karena banyaknya perjuangan yang dilakukannya selama ia hidup.

Subhanallah begitu besar jasa-jasa yang dilakukan para sahabat nabi muhammad saw, semoga apa yang dilakukan menjadi ladang pahala bagi mereka.

Sebagai umat muslim, ada baiknya kita juga meneladani sifat-sifat Abu Bakar ash-Shidiq dalam kehidupan sehari-hari, seperti bersikap jujur. Semoga bermanfaat.