Ketua PDIP Ingin Gibran Sebagai Calon Wali Kota Solo 2020

23

Jakarta, 22 Februari 2020 – Ahmad Basarah yang saat ini Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) ingin mengusung Gibran Rakabuming Raka untuk pencalonan wali kota Solo 2020. Keinginan dari Ahmad Basarah ini dikarenakan potensi dari Gibran untuk memenangkan pertarungan dalam pemiklihan Wali Kota Solo bisa diharapkan.

Gibran Rakabuming ialah putra dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Ahmad mengungkapkan bahwa keinginan dia mencalonkan Gibran bukan karena latar belakang yang dimiliki Gibran sebagai putra Presiden. Namun, keinginan agar Gibran naik sebagai calon wali kota Solo tahun ini besar jika dilihat secara dinamika  politik internal di PDIP. Hal ini sesuai yang disampaikan Ahmad Basarah di kompleks Parlemen, Senayan hari ini kepada para wartawan.

Ahmad juga menerangkan Gibran seseorang dengan latar belakang milenial. Latar belakang seperti ini penting karena seperti diprediksi Indonesia tahun 2030 akan mengalami bonus demografi. Nantinya,  kalangan milenial diprediksi menjadi kelompok penduduk yang cukup besar.

Ahmad yang saat ini juga menjabat sebagai wakil ketua MPR juga menuturkan bahwa Gibran ialah seorang pemuda dari generasi milenial. Jika dilihat berdasarkan konteks regenerasi kepemimpinan bangsa dan partai politik sebagai peluang yang bagus agar anak-anak muda berani tampil untuk memimpin bangsa sendiri dimulai dari daerah masing-masing.

Pencalonan Gibran memang keinginan Ahmad, namun keputusan untuk menggusung Gibran sebagai calon wali kota masih harus mengikuti keputusan Megawati Soekarnoputri yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum PDIP.

Menurut Ahmad, Megawati nantinya akan menyampaikan keputusan terkait calon wali kota yang diusung di daerah Solo termasuk daerah lainnya yang melakukan pilkada secara sekaligus. Ahmad Basarah juga menyebutkan bahwa pengumuman akan diberitakan setelah semua bagian dari struktur partai telah siap, kompak dan solid. Ini dilakukan dengan harapan rekomendasi DPP berhasil memenangkan PDIP di semua daerah yang menggelar pilkada tahun 2020.

Bambang Wuryanto sebagai ketua DPP PDIP menyampaikan bahwa partainya berencana mengumumkan kandidat calon kepala daerah dari kota Medan, kota Solo dan kota Makassar dalam gelaran Pilkada 2020 pada awal Maret 2020. Namun hingga saat ini PDIP belum memutuskan siapa yang akan direkomendasi bagi kandidat yang akan hadir dalam Pilkada Medan dan Pilkada Solo. Wilayah ini memang menjadi perbincangan publik karena terdapat kandidat yang dicalonkan dari bagian keluarga Presiden Joko Widodo. Jadi, pengumuman tahap dua akan berlangsung awal Maret kemungkinan tanggal 3 Maret 2020 sesuai yang disebutkan oleh Bambang.