Ketiak Gatal dan Bintik Merah? Mungkin Inilah 5 Penyebabnya

9

Ketiak merupakan salah satu area kulit yang sangat sensitif dan paling mudah mengalami ruam atau teriritasi. Iritasi inilah yang kemudian membuat ketiak gatal serta terasa perih. Apa saja penyebab dari gejala tersebut dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini akan diulas 5 penyebab ketiak gatal dan bintik merah.

  1. Biang keringat

kulit ketiak merupakan area yang paling rentan terhadap lembap. Penyebabnya bisa karena adanya lipatan-lipatan yang bisa memerangkap keringat. Adanya keringat serta kotoran, dan gesekan dari pakaian yang sangat ketat bisa memicu tumbuhnya biang keringat pada ketiak.

Jadi biang keringat tersebut bisa timbul karena adanya saluran keringat pada kulit ketiak yang tersumbat, sehingga menyebabkan keringat tidak keluar dengan baik. Masalah kulit ini juga sering ditandai kemunculan bintik merah yang halus dan muncul di sekitar kulit. Maka solusi yang tepat untuk mengusir biang keringat tersebut adalah dengan mengenakan pakaian yang longgar serta berbahan sejuk.

Selain itu Anda harus sering mandi dengan Air dingin jangan air hangat, karena jika Air hangat akan meningkatkan kinerja kelenjar yang dapat menyebabkan keringat pada ketiak.

  1. Dermatitis atopik

Ketiakmu terasa gatal di saat sedang berlangsung? Hati-hati, bisa jadi ini karena eksim atau dermatitis atopik. Eksim sendiri adalah kondisi dimana peradangan pada kulit yang ditandai dengan adanya kulit yang kering serta berwarna kemerahan.

Tetapi biasanya eksim atopik terjadi kumat-kumatan saja. Untuk mengatasinya sebaiknya Anda biasakan memakai sabun mandi yang sudah mengandung pelembap (emolien).

  1. Dermatitis serboroik

Dermatitis adalah kondisinya dimana ada iritasi kulit yang menyebabkan kelebihan produksi minyak di ketiak. Penyebab dermatitis ini adalah infeksi jamur. Kelebihan minyak inilah yang biasanya membuat serpihan kulit pada ketiak menjadi berwarna putih atau kuning di sekeliling bercak ruam.

Pada umumnya dermatitis seboroik ini juga memiliki gejala seperti  misalnya kulit terasa gatal atau seperti terasa terbakar. Untuk pengobatannya Anda bisa menggunakan krim atau gel metronidazole yang fungsinya untuk melawan bakteri. Lalu oleskan krim tersebut sebanyak 1 hingga 2 kali sehari lalu sesuaikan dengan instruksi yang tertera pada  kemasan.

  1. Infeksi jamur

Infeksi yang sering terjadi pada ketiak selanjutnya adalah infeksi jamur candida. Yang merupakan menyebabkan ketiakmu terasa gatal, peri atau terasa bengkak kemerahan.

Faktor-faktor yang terjadi pada infeksi jamur pada ketiak disebabkan karena cuaca panas atau memakai pakaian yang terlalu ketat serta kurang menjaga kebersihan diri. Maka dari itu sebaiknya Anda selau memperhatikan kebersihan badan, terutama ketiak.

  1. Luka Lecet

Penyebab ketiak gatal juga mungkin disebabkan oleh luka lecet karena gesekan pada kulit dengan bahan pakaian yang terlalu kasar. Tetapi ini bisa juga terjadi karena disebabkan oleh kesalahan ketika mencukur bulu ketiak. Solusi yang paling tepat adalah dengan membersihkan area yang lecet dengan air dingin.

Demikian artikel yang kami berikan, Sebaiknya agar ketiakmu terhindar dari berbagai macam iritasi, hindarilah untuk mengenakan pakaian yang berbahan polyester Dan Sebaiknya kenakanlah pakaian yang berbahan lembut seperti katun.