Ketahui Penyebab Mimisan dan Cara Sederhana Untuk Mengatasinya

28

Mimisan adalah keluarnya darah dari rongga hidung kita. Mimisan sendiri sebenarnya merupakan perdarahan yang berasal dari pembuluh darah yang ada di hidung kita. Baik anak maupun dewasa, semuanya dapat mengalami mimisan. Lantas, apakah mimisan sebenarnya merupakan tanda bahwa kita menderita penyakit yang serius? Jawabannya adalah tidak selalu.

Mimisan dalam istilah medis dikenal dengan sebutan epistaksis. Mimisan ini sendiri dapat berasal dari dua bagian, yaitu dari pembuluh darah hidung bagian depan ataupun yang berasal dari pembuluh darah hidung yang ada di bagian belakang.

Mimisan akibat pembuluh darah hidung bagian depan kebanyakan terjadi pada anak-anak. Hal ini terjadi karena kebiasaan mengorek-ngorek hidung terutama dengan kuku atau benda yang bersifat tajam. Kebiasaan ini akan membuat lapisan mukosa di dalam hidung beserta dengan pembuluh darah kita mengalami kerusakan dan mengakibatkan keluarnya darah dari rongga hidung. Mimisan seperti ini biasanya cenderung akan berhenti dengan sendiri tanpa harus dilakukan penanganan yang serius.

Mimisan yang berangsur dalam waktu lama dan sulit berhenti sendiri biasanya berasal dari pembuluh darah bagian belakang hidung. Hal ini sendiri biasanya diakibatkan oleh kondisi-kondisi medis seperti penyakit darah tinggi, kelainan pada pembuluh darah, ataupun aterosklerosis (penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah arteri).

Selain dari yang telah dijelaskan di atas, mimisan juga dapat terjadi pada kondisi-kondisi seperti penyakit infeksi, kelainan pada darah, alergi pada hidung, penggunaan obat-obatan pengencer darah, keganasan, dan juga dapat terjadi akibat kecelakaan yang mengakibatkan terjadinya kerusakan pada struktur rongga hidung dan sekitarnya.

Saat terjadi mimisan, sebenarnya kita tidak perlu menjadi panik, sebab kebanyakan  dari mimisan itu sendiri memang tidak berbahaya dan cenderung dapat berhenti dengan sendirinya. Mimisan memang dapat merujuk pada kondisi medis yang serius, hanya saja memang lebih jarang terjadi.

Jepitlah cuping hidung dengan ibu jari dan jari telunjuk.

Bila kita atau orang terdekat kita mengalami mimisan, langkah awal yang dilakukan adalah duduk dan condongkan sedikit tubuh ke depan. Kemudian tekan cuping hidung dengan ibu jari dan jari telunjuk selama 10-15 menit. Jangan menengadahkan kepala ke atas atau berbaring, karena hal ini justru dapat menyebabkan kita menjadi tersedak oleh darah kita sendiri sehingga kita mengalami batuk-batuk atau muntah.

Segera bawa ke dokter bila mimisan tidak berhenti setelah 10-15 menit atau bila perdarahan yang terjadi sangat banyak hingga menyebabkan kita mengalami kesulitan bernapas. Bila mimisan terjadi akibat kecelakaan yang melibatkan kerusakan kepala, muka, atau hidung, maka segera bawa ke dokter untuk mendapat penanganan medis. Jangan mencoba menghentikan sendiri mimisan yang seperti ini.

Sekian adalah informasi yang dapat kita ketahui mengenai mimisan.