Ketahui 7 Cara Menata Dapur Sehat Dengan Super Mudah

8

Dapur yang bersih adalah ciri-ciri dari dapur yang sehat. Banyak orang yang malas membersihkan dapur dengan anggapan setelah dibersihkan akan tetap kotor. Jangan sampai dapur menjadi sarang bakteri, karena disanalah makanan yang akan kita konsumsi berasal. Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menciptakan dapur sehat. Ini dia 7 cara menata dapur sehat.

  1. Membuang sampah secara rutin

Membuang sampah secara rutin masing jarang kita lakukan. Usahakan untuk membuang sampah rutin setiap hari. Menumpuk sampah akan membuat dapur menjadi bau. Jika Anda sempat, kelompokkan juga sampah berdasarkan kategorinya. Misalnya sampah kertas, sampah rumah tangga atau sampah plastik. Mengategorikan sampah akan membuat Anda tahu mana dulu yang harus dibuang.

  1. Memperbanyak laci

Benda-benda tajam seperti pisau dan parutan bisa diletakkan di laci. Fungsi memperbanyak laci adalah untuk menyimpan benda-benda kecil yang sering kali hilang. Pasti Anda sering membeli barang yang sebenarnya sudah Anda miliki, hanya saja benda tersebut kecil dan mudah hilang. Dengan memperbanyak laci, Anda bisa menyimpannya dengan baik tanpa takut kehilangan lagi.

  1. Memperbanyak rak gantung

Rak gantung akan sangat membantu untuk tempat meletakkan barang-barang yang besar ukurannya. Anda juga bisa meletakkan barang-barang yang penting dan sering digunakan di rak gantung. Usahakan jangan menaruh barang dibelakang barang lain saat menggunakan rak gantung. Anda akan lebih kesulitan untuk mencarinya apabila benda tersebut terhalang oleh benda lain.

  1. Mengelompokkan perabotan sesuai fungsi

Anda bisa melakukan tips ini mulai dari sekarang. Misalnya saja, letakkan blender dan mixer dalam satu tempat, sehingga mudah untuk dicari saat dibutuhkan. Anda juga bisa meletakkan cetakan kue dalam satu wadah yang sama.

  1. Menggunakan pull out storage

Pull out storage adalah tempat yang bisa langsung ditarik saat membutuhkan. Anda bisa meletakkan barang-barang yang penting disana. Orang-orang tidak akan tahu dimana Anda menyimpannya, itulah salah satu kelebihan pull out storage.

  1. Menyisipkan meja tersembunyi

Menyisipkan meja tersembunyi sangat berfungsi jika sewaktu-waktu membutuhkan space lebih untuk memasak. Selain itu, meja tersembunyi juga tidak mempersempit ruangan. Prinsip meja bersembunyi sangat cocok untuk dapur dengan ruangan kecil.

  1. Kabinet tersembunyi

Kabinet tersembunyi ini bisa terletak di bagian atas dari dapur. Anda bisa menaruh berbagai macam hal yang tidak begitu digunakan di kabinet tersembunyi ini.

7 tips diatas bisa Anda aplikasikan ke dapur masing-masing. Bersih-bersih akan membutuhkan waktu yang lama, jadi luangkan waktu yang banyak ketika memutuskan untuk melakukan kegiatan bersih-bersih. Semua orang bisa mengubah dapurnya menjadi dapur yang sehat ketika ada kemauan dan kerja keras. Oleh karena itu, semangat selalu untuk menjadikan dapur Anda menjadi dapur sehat impian.