Kenapa Wanita Tidak Wajib Sholat Jumat? Kewajiban dan Aturannya

33

Ibadah merupakan kewajiban masing-masing yang harus dilakukan seseorang, untuk menunjukkan keimanan mereka. Dengan beribadah maka anda akan mendapatkan ladang pahala. Berdasarkan penjelasan yang sudah ada, ibadah sendiri bertujuan untuk mendapatkan tempat terbaik ketika di akhirta kelak, yakni surga setelah kematian.

Salah satu ibadah yang seringkali dijalankan oleh umat muslim adalah sholat jumat. Sholat wajib ini dilakukan ketika hari jumat, dan biasa dilakukan untuk sholat dzuhur mulai dari 11.55 hingga jam 12.30 khusus untuk daerah indonesia barat. masing-masing daerah dan juga negara melaksanakan sholat jum’at dengan waktu yang berbeda tergantung dari ibadah zhuhur yang dilakukan setiap harinya.

Pengertian dan Kewajiban Sholat Jumat

Bagi anda yang belum tahu ataupun ingin tahu mengenai makna sesungguhnya dari sholat jumat. Sebenarnya sholat jumat merupakan sholat wajib yang harus dilakukan oleh para pria, ketika hari jumat tiba setiap minggunya seumur hidup. Sholat jumat sendiri merupakan sholat wajib pada hari jumat dan bukan sholat zuhur seperti pada umumnya dilakukan di hari-hari lain.

Tidak diperbolehkan bagi seorang muslim mukallaf meninggalkan sholat jumat tanpa ada udzur syar’i ataupun alasan yang jelas. Hal ini dituangkan pada ayat dalam al-quran dan juga al-hadits :

“Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu diseru untuk melaksanakan sholat pada hari Jumat, maka bersegeralah mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, dan itu lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui,” (Al Jumu’ah 62:9).”

Mereka yang wajib melakukan sholat jumat adalah :

  • Seorang pria kemudian sudah baligh dan berakal, walaupun anak laki-laki yang belum baligh kamu dapat melaksanakan sholat jumat minimal berusia 7 tahun. Diwajibkan untuk orang tua serta walinya memerintahkan mereka untuk menghadiri sholat jumat.
  • Kemudian orang yang merdeka atau bukan budak sahaya
  • Orang yang menetap dan bukan musafir atau sedang bepergian dan sulit untuk mampir ke sebuah masjid ataupun tempat untuk sholat
  • Orang yang tidak memiliki halangan atau uzur,
  • dan orang yang sehat dan mampu menghadiri sholat jumat

Wanita dan Sholat Jumat

Namun banyak pertanyaan mengenai sholat jumat, di mana wanita seringkali tidak diwajibkan untuk sholat jumat dan hanya sholat zuhur saja. Mungkin sebagian dari anda merasa bingung kenapa hal tersebut bisa terjadi dan apa dasarnya ? Berikut ini penjelasan kenapa wanita tidak wajib sholat jumat ataupun tidak harus melakukan den dan menggantinya dengan sholat wajib dzuhur.

Sebenarnya hal tersebut mengacu pada salah satu sumber sumber utama, yang sudah menerangkan dimana ada salah satu hadis yang menjelaskan mengenai kewajiban seorang wanita untuk melakukan sholat jumat. Sebagaimana tertuang dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Al-Hakim, “Shalat Jum’at itu wajib bagi tiap-tiap muslim, dilaksanakan secara berjama’ah terkecuali empat golongan, yaitu hamba sahaya, perempuan, anak kecil dan orang yang sakit,”

Pada hadist tersebut dijelaskan terdapat kata perempuan yang ada pada pengecualian hukum diwajibkan sholat jumat. Hal itu juga berkaitan dengan penjelasan para ulama, dimana hukum tidak diwajibkan dan perempuan untuk melaksanakan ibadah jumat termasuk ghair ma’na, yaitu sebuah penetapan yang tidak dijelaskan secara detail alasannya.