Kenapa Harus Hijrah?

26

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hijrah dalam bahasa arab, artinya berpindah. Dalam sejarah, hijrah itu di lakukan oleh Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah. Dan sebagian ulama mengartikan bahwa hijrah itu keluar dari kufur menuju ke iman.

Alhamdulillah dengan adanya hijrah aku bersyukur banget, hidup aku berubah merasa lebih tenang. Aku juga bersyukur banget aku di kelilingi sama orang-orang baik, yang selalu mengingatkan aku dalam kebaikan. Seperti teman yang selalu mengingatkan aku untuk shalat.

Dulu ya disuruh shalat ama guru ama temen males banget, aku selalu ngebantah gini kalau temen nyuruh aku shalat “Males banget ih ngatur banget sih, hidup-hidup gue, dosa-dosa gue” Apalagi kalau disuruh pake kerudung, Astagfirullah malesnya, aku selalu ngebantah kayak gini “Entar ah kalau udah tua, buat apa berkerudung juga kalau hatinya gak di kerudungin”.

Dan sekarang aku sadar, aku ngerasa dosa banget pernah ngomong kayak gitu. Karena, kalau kita ingin hijrah tapi nunggu tua. Emangnya kita tau umur kita umur kita sampe kapan? Emangnya kita yakin hidup sampe tua? Kan semua hanya Allah yang tau. Maka dari itu kita sebagai hambanya harus mempersiapkan bekal dari sekarang untuk menghadap Allah nanti.

Dan kalau kita pake kerudung tapi akhlak kita buruk, insya allah kalau kita niat berkerudung, berhijrah, semata-mata hanya karena Allah pasti akhlak baik, kehidupan baik, ikut terbawa dalam diri kita. Dan aku merasakan nya, hidup aku jauh lebih baik dari yang sebelumnya. Masya Allah.

Kenapa aku memutuskan untuk hijrah?

Pertama, aku takut mati. Aku nggak mau mati dalam keadaan buruk, naudzubillah mindzalik. Aku mau mati dalam keadaan khusnul khotimah. Dan setidaknya aku punya sedikit bekal untuk menghadap Allah.

Kedua, aku sayang orang tua ku. Aku sadar semakin aku mengumbar aurat, maka aku semakin jahat, karena mendekatkan orang tua ku ke nereka. Naudzubillah Aku tidak mau.

Ketiga, aku sadar akan semua dosa ku. Dulu sebelum hijrah aku ini pekerja entertain/seni ya, setiap kali aku tampil di panggung, aurat ku selalu terbuka di tonton oleh banyak orang, aku juga sering ngebantah sama orang tua. Astagfirullah, dan pekerjaan itu aku tinggalkan hanya karena Allah ta’ala.

Aku menulis aku tidak bermaksud Riya dalam amal shaleh, lmu agama ku juga masih fakir. Aku hanya ingin memotivasi/mengajak para wanita untuk berubah dan meninggalkan segala kemaksiatan. Kita boleh saja mengejar dunia tapi kita juga harus bisa mengejar akhirat. Karena di akhirat itu kita kekal dan di dunia hanya sementara.

Dan sedosa-dosanya kita, kalau kita ingin bertaubat karena Allah. Insya Allah, Allah akan hapus semua dosa-dosa kita dan memaafkannya. Karena Allah maha pengampun lagi maha pemaaf.

Hanya itu yang bisa aku kasih. Sekian terimakasih. Wassalamualaikum. Wr. Wb