Kenali Penyebab Jerawat Membandel dan Cara Mengatasinya!

21

Bagi banyak wanita, jerawat menjadi salah satu permasalahan yang penting untuk diselesaikan. Karena jerawat pada wajah biasanya sangat menimbulkan rasa tidak nyaman. Terlebih keberadaan jerawat bisa mengganggu penampilan diri. Dan pada akhirnya, membuat diri kita insecure

Oleh karena itu, dalam topik kali ini kita akan membahas mengenai penyebab jerawat dan cara mengatasinya. Mari kita simak dulu apa saja penyebab jerawat yang umum terjadi.

Biasanya, yang menjadikan timbul jerawat adalah kebiasaan kita sehari – hari. Berikut ini ada beberapa kebiasaan yang harus diperhatikan agar tidak timbul jerawat

  • Sering Mencuci Muka

Kebiasaan yang pertama adalah terlalu seringnya mencuci muka. Biasanya, banyak wanita yang menyangka wajah kotor adalah penyebab jerawat. Padahal, sebenarnya terlalu sering mencuci muka membuat wajah menjadi tidak baik. Hal ini dikarenakan ketika kita sering mencuci muka, wajah akan kehilangan minyak alami kulit. Kemudian, bisa mendorong kulit memproduksi minyak lebih banyak dari biasanya. Dan, pada efeknya, jerawat akan kembali bermunculan.

Lalu berapa kali waktu mencuci muka? Sangat disarankan untuk mencuci muka dua kali sehari. Kemudian, usahakan untuk mencuci muka dengan air hangat dan bersih. Lalu gunakan sabun pembersih wajah yang cocok dengan muka, biasanya memiliki formulasi ringan. Oleskan pembersih wajah dan pijat lembut.

  • Memencet – mencet jerawat

Kebiasaan selanjutnya yaitu dengan memencet – mencet jerawat agar hilang. Padahal cara ini salah dan dapat menyebabkan masalah baru pada kulit. Hal ini dikarenakan, saat jerawat dipencet dan ditekan, pori – pori kulit yang tersumbat hanya akan lebih menyumbat ke dalam. Yang pada akhirnya membuat proses penyembuhan menjadi lebih lama, terlebih, dapat meninggalkan bekas jerawat di wajah. 

Disarankan menggunakan obat khusus jerawat untuk menghilangkannya. Jangan terlalu sering menyentuh jerawat, terutama dengan tangan kotor. Hal ini dikarenakan bila tersentuh tangan yang kotor akan memperparah jerawat.

  • Menggunakan Make Up Berlebihan

Selanjutnya adalah hindari penggunaan make up yang berlebihan. Di sarankan untuk gunakan terlebih dahulu obat jerawat sebelum mengaplikasikan make up. Jangan gunakan terlalu lama make up, setelah aktivitas berakhir, disarankan untuk menyegerakan membersihkan muka dari make up. Pilih make up dengan komposisi yang bebas minyak dan tidak menimbulkan komedo (non-comedogenic). 

Cara Mengatasi Jerawat

Setelah mengetahui beberapa penyebab jerawat, berikut ini beberapa cara mengatasi jerawat yang bisa kamu ikuti. Simak selengkapnya dibawah ini ya.

  • Usahakan menggunakan pembersih wajah yang lembut. Dengan bahan dasar air. Jangan gunakan sabun batangan yang tidak diperuntukkan untuk wajah.
  • Hindari mencuci wajah terlalu sering.
  • Gunakan pembersih wajah atau cleansing oil dengan kandungan plant-derived oils (menggunakan bahan dasar tumbuhan untuk kamu yang memiliki kulit tipe kering)
  • Gunakan pelembab sebelum mengaplikasikan make up.
  • Pilih produk make up yang sesuai dengan jenis kulit.
  • Gunakan obat jerawat yang sesuai anjuran dokter
  • Jangan lupa konsumsi suplemen dari dalam untuk membantu proses menghilangkan jerawat lebih cepat.
  • Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung susu.
  • Gunakan antibiotik yang disarankan oleh dokter.

Demikian beberapa informasi mengenai penyebab – penyebab timbulnya jerawat dan cara – cara mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat.