Kenali 4 Ciri Mobil Matic Bermasalah Yang Sering dialami

62

Mobil matic yang terkenal dengan kenyamanannya saat dikendarai, membuat mobil ini banyak diminati. Padahal mobil matic memiliki berbagai kelemahan yang membuat mobil ini lebih bermasalah. Jika usia mobil maticsudah tua, maka anda harus sering memeriksanya, karena mobil matic akan mengalami kerusakan.

Perawatan yang diberikan untuk mobil ini disarankan harus secara ekstra. Namun anda harus rela jika biaya perawatannya cukup mahal karena sistem yang ada pada mobil ini cukup rumit. Perawatan pada mobil matic secara sederhana bisa anda lakukan dengan mengecek beberapa hal untuk menghindari masalah awal dan kerusakan pada mobil.

4 Ciri yang Menunjukkan Mobil Matic Bermasalah

Mobil matic sebenarnya bisa bertahan lama jika penggunaan dan perawatannya dilakukan dengan benar, namun jarang sekali yang dapat melakukan hal itu. Pengecekan pada setiap mesin mobil harus sering dilakukan agar bisa mengidentifikasi gejala kerusakan lebih awal sebelum menghabiskan banyak biaya untuk memperbaiki kerusakan.

Anda perlu memperhatikan ciri-ciri berikut pada mobil matic anda, hal ini perlu diketahui jika anda merasa tidak nyaman dengan mesin pada mobil yang berarti Anda harus kenali ciri mobil matic bermasalah. 

  • Permasalahan pada Gigi

Jika mobil matic anda bermasalah, maka anda akan merasakan sebuah getaran seperti hentakan yang membuat mobil anda terdorong saat anda mencoba memindahkan gigi. Kerusakan itu berkaitan dengan sistem transmisi pada mesin otomatis mobil matic. Apabila kerusakan semakin parah, pada gigi mundur dapat terjadi kemacetan yang membuat rusaknya ruas pada gigi mundur. Masalah selanjutnya adapada gigi transmisi yang tidak berpindah meskipun tuas bisa dipindah.

  • Ngelos

Mobil matic yang bermasalah akan mengalami los atau slip karena perpindahan gigi yang tidak berjalan dengan baik. Akibatnya power yang ada pada mobil yang berguna untuk menyalakan raungan mesin hilang. Hal ini bisa dilihat dengan cara menghidupkan mesin mobil pada posisi tuas D dengan menginjak pedal gas.

  • Cairan Transmisi yang Bocor

Ciri-ciri masalah pada mobil matic yang dapat diidentifikasi dengan mudah adalah bocor yang terjadi pada cairan transmisi. Jika cairan transmisi bocor, harus segera diatasi sebelum menjadi permasalahan yang serius. Jika cairan transmisi memiliki bau seperti sedang terbakar dengan warna yang gelap, maka cairan tersebut sudah waktunya untuk diganti.

  • Bunyi Mengaung dalam Kondisi Normal

Mobil matic yang mengalami permasalahan pada transmisi yang disebabkan terjadinya aus yang terdapat pada bearing khususnya di dalam input shaft akan mengeluarkan bunyi mengaung. Bunyi tersebut sangat keras dan bunyi tersebut muncul secara tiba-tiba pada kondisi normal saat sedang dikendarai. Jika anda tiba-tiba mendengar bunyi mengaung dengan keras pada mobil matic anda, segera deteksi bahwa mobil anda sedang bermasalah dan bawa ke bengkel.