“Kembara” Ikon Baru Kota Yogyakarta

28
Rektor UNY Prof.DR.Sutrisna Wibawa MPd ketika mengawasi pemasangan Patung Kembara Karya Pematung Nyoman Nuarta . ( Foto : Istimewa )

Sebuah patung monumental karya maestro Nyoman Nuarta akhirnya menghiasi kawasan Bulevard Universitas Negeri Yogyakarta, Kampus Karang Malang Yogyakarta. Patung logam setinggi hampir 6 meter yang diberi nama “Kembara” tersebut diresmikan keberadaannya pada Kamis (13/2/2020) dengan pembukaan selubung monumen oleh Rektor UNY Prof.DR.Sutrisna Wibawa M.Pd.

Rektor UNY Prof.DR.Sutrisna Wibawa ,M.Pd mengatakan bahwa patung Kembara merupakan ikon Kampus UNY yang menggambarkan gerak langkah. Visi misi serta cita-cita yang ingin di capai kampus UNY sebagai sebuah Lembaga Pendidikan Tinggi yang akan mencetak generasi yang cerdas, bijaksana, berwawasan luas dan berbudi pekerti luhur

Makna Kembara terkembang dalam hembus kepaknya Sayap Garuda yang membawa pandang, melampaui cakrawala, menjelajah dalam kebesaran alam, untuk terus menemukan yang baru dan hidup bagi kepandaian bersama ” ujar Rektor Sabtu ( 8/2/2020).

Dijelaskan Rektor, Kembara terbuat dari bahan logam kuningan dengan ukuran jadi setinggi 5,6 meter, tebal 1,9 meter dan lebar 6,5 meter. Karenanya karya ini diyakini karya ini merupakan karya monumental Nuarta setelah Patung Graha Wisnu Kencana di Bali.

Patung Kembara, dibuat di Studio Nuarta yang ada di Bandung selama beberapa bulan dan setelah selesai dikirim ke Yogyakarta menggunakan truk dalam kondisi terpotong-potong seperti “puzzle”.

Sesampai di Yogyakarta, potongan patung tersebut disusun kembali dengan mengabungkan beberapa potongan menjadi satu bagian yang utuh. Proses penyusunan kembali membutuhkan waktu selama seminggu dan dikerjakan oleh para seniman yang berpengalaman.

Selain menjadi ikon UNY diyakini patung ini nantinya juga dapat menjadi spot foto yang menarik bagi siapa saja yang berkunjung ke Yogyakarta. Oleh karena itu diharapkan karya patung ini mampu menularkan nilai-nilai edukasi kepada masyarakat khususnya civitas akademika UNY.

” Kembara merupakan karya Nuarta yang istimewa karena merupakan patung Nuarta satu-satunya di Yogyakarta. Karena itu setelah diresmikan, patung ini bisa menjadi salah satu objek kunjungan bagi para wisatawan yang sedang berkunjung ke Yogyakarta.” Ujar Rektor. (*)