Kembali Raih Piala Adipura, Bupati Banggai: Alhamdulillah, Ini Buah dari Kerja Keras Bersama 

74

Bertempat di Auditorium Dr. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Wakil Presiden Jusuf Kalla menyerahkan langsung Piala Adipura kepada 146 kepala daerah.

Piala Adipura sendiri adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Salah satu kepala daerah yang menerima penghargaan Adipura adalah Bupati Kabupaten Banggai, Herwin Yatim. 

Dalam kata sambutannya usai menyerahkan Piala Adipura, Jusuf Kalla mengatakan, bagi daerah yang meraih Adipura, tentu merupakan kebanggaan. Sebab ini adalah bukti dari usaha dan kerja keras menjaga serta memperbaiki lingkungan yang bersih di perkotaan.

Menurut Jusuf Kalla, penghargaan Adipura diberikan kepada daerah yang telah terbukti mampu menjaga kebersihan sekaligus peduli dengan lingkungan hidup.

“Kebersihan lingkungan atau hal lain hanya dapat dilaksanakan apabila ada kerja sama antara pemerintah, masyarakat dan stakeholder,” kata Jusuf Kalla, di Jakarta, Senin, 14 Januari 2019.

Bupati Banggai Herwin Yatim salah satu penerima Piala Adipura tampak begitu sumringah saat menerima penghargaan. Senyumnya merekah. Sangat membanggakan memang, apalagi ini kedua kalinya Banggai menerima penghargaan Adipura. Tahun sebelumnya, Kabupaten Banggai juga menerima penghargaan Adipura yang kala itu pialanya diserahkan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Usai menerima Piala Adipura, Bupati Banggai Herwin Yatim langsung berucap,” Alhamdulillah.”

Menurut Herwin, Piala Adipura yang diraih Kota Luwuk untuk kedua kalinya, adalah buah dari kerja keras dan kerja sama antara unsur pemerintah daerah dengan seluruh elemen masyarakat. Sekaligus ini juga bukti nyata dari komitmen semua pihak dalam menjaga kebersihan kota Luwuk sebagai ibukota kabupaten. 

“Akhirnya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia kembali menetapkan Kabupaten Banggai sebagai salah satu penerima Adipura tahun 2017-2018,” katanya.

Bupati Banggai yang datang dengan wakilnya, Mustar Labolo serta jajaran Forkompinda Kabupaten Banggai, dengan rasa haru mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat di Banggai. Karena tanpa dukungan penuh dari masyarakat, Piala Adipura tak mungkin diraih. Dukungan masyarakat menjadi kunci dalam menjaga kebersihan Kota Luwuk.

“Keberhasilan ini berkat kerja keras kita semua,” katanya. 

Wakil Bupati Banggai, Mustar Labolo pun mengamini. Piala Adipura yang diraih untuk kedua kalinya, adalah buah kerja sama yang manis antara unsur pemerintah daerah dengan seluruh masyarakat di kabupaten Banggai khususnya di Kota Luwuk. Piala Adipura yang didapat, bukan milik Pemkab. Tapi milik masyarakat, katanya.