Kebijakan Era Pemerintahan Obama yang Menjadi Bahan Debat Capres di AS

16
Kebijakan era Pemerintahan Obama yang menjadi bahan debat Capres di AS

Barack Obama, Mantan Presiden Amerika Serikat, sempat menjadi bahan perdebatan dalam debat calon presiden dari partai Demokrat. Debat tersebut diselenggarakan di Texas Southern University Kamis 12 eptember, 2019 waktu setempat. Ketiga kubu berdebat tentang warisan pemerintahan era Obama.

Obama yang menjabat sebagai presiden dari tahun 2009 hingga 2017.  Perbedaan pandangan dalam politik diantara mereka ada yang moderat sentries dan progresif liberal. Di sisi lain, capres Joe Biden terus membela warisan visi era pemerintahan Obama mulai dari kesehatan, Imigrasi hingga kebijakan luar negeri.

Salah satunya adalah yang ernah diimplementasikan oleh Obama ketika menjabat yaitu Obamacare yang berkaitan dengan undang – undang kesehatan di AS. Biden mengatakan bahwa dirinya dirinya setuju dengan Barack Obama dan dirinya merasa bahwa Obamacare berjalan dengan baik.

Waaren dan juga Bernie Sanders menilai bahwa Obamacare tidak cukup menanggung biaya kesehatan. Kedunaya menawarkan biaya kesehatan yang ditanggung pemerintah secara total tanpa melibatkan asuransi swasta. Biden pun merespon bahwa tersebut sangat tidak masuk akal dan mustahil untuk diterapkan, hingga muncul darimana anggaran tersebut berasal.

Biden pun mengatakan jangan sampai pajak warga dari kalangan menenagah dinaikkan hana untuk membiayainya. Warren pun menyindir pernyataan Biden bahwa dirinya ingin menghapus visi warisan Obama. Warren pun memuji Obamacare tapi juga menekankan bahwa presiden berikutnya harus mengambil kebijakan yang lebih progresif.

Warren mengatakan bagaiamana membuat Obamacare lebih baik lagi. Dirinya pun menyatakan jika hal itu terjadi maka pemerintah harus membuat korporasi besar dan menurunkan ongkos untuk warga yang bekerja siang dan malam. Selain kesehatan, kebijakan imigrasi era obama mendapat sorotan.

Mantan menteri perumahan dan pengembangan kawasan urban era Obama juga mengkritik hal tersebut. Julian Castro secara terbuka mengkritik kebijakan deportasi era Obama yang memecahkan rekor dengan jumlah migran illegal yang meninggalkan AS pada saat itu. Biden pun membela bahwa kebijakan itu merupakan hal terbaik untuk menyelesaikan masalah.

Visi Obama di masa pemerintahannya, kini berencana diteruskan oleh Biden dan hal itu populer di konstituen Demokrat memang diusung Biden sepanjang kampanye. Dirinya pun tidak henti – hentinya mengingatkan pemilih bahwa dirinya adalah wapres yang loyal pada saat itu.

Strategi Biden tersebut sejauh ini terutama dalam berkampanye masih bisa dijalankan olehnya tapi dirinya tiada henti mendapat kritikan dari blok progresif yang menilai bahwa demokrat harus mengambil kebijakan liberal dan lebih ambisius. Banyak juga yang mendukung Biden karena Biden sendiri diniliai sebagai pewaris kebijakan pemerintahan era Obama.

Kritikan yang diberikan sejumlah capres terhadap kebijaka era pemerintahan Obama membuat berang loyalis Obama karena mereka menilai bagaiaman bisa para capres memilih waktu debat untuk mengkritik kebijakan era Obama tidak pada kebijakan era pemerintahan saat ini.

Sumber:internasional.kompas.com