Kebangkitan Kembali Ferrari, Inilah Jadwal F1 GP Belgia 2019

9

F1 GP Belgia akan segera dilaksanakan pada akhir pekan ini. Ada yang unik dan berbeda dari F1 kali ini. F1 GP Belgia kali ini menandai satu tahunnya Ferrari terakhir kali merasakan berada di podium paling atas. Ya, sejak satu tahun lalu, Ferrari memang tidak pernah merasakan podium utama lagi.

Meskipun bintang dalam F1 GP Belgia adalah Lewis Hamilton, pembalap Mercedes, namun sorotan media massa justru berada pada pembalap Ferrari, Sebastian Vettel yang menjadi rival abadinya. Pembalap yang membawa mobil berlogo kuda jingkrak ini menjadi pembalap yang paling dinanti penampilannya di F1 GP Belgia 2019.

Sebagaimana diketahui, Ferrari memang selalu tampil mengecewakan akhir-akhir ini. Tak hanya kalah dari pesaing utamanya, Mercedes, Ferrari juga bahkan kalah dari tim lain seperti Red Bull Racing. Red Bulls Racing sendiri telah jauh meninggalkan Ferrari dengan dua kali menjuarai F1 lewat Max Verstappen.

Pihak Ferrari sendiri mengakui bahwa performa mereka menurun akibat adanya downforce. Kesalahan ini menyebabkan Ferrari sulit mengejar lawan di trek yang lurus dan panjang. Lalu mengapa di F1 GP Belgia kali ini Ferrari justru diunggulkan?

Sirkuit Spa-Francorchamps yang digunakan dalam F1 GP Belgia memiliki banyak trek berkelok. Tidak banyak trek panjang dan lurus sehingga tim Ferrari diperkirakan akan lebih unggul dibandingkan dengan Mercedes terkait downforce yang mereka alami pada musim-musim sebelumnya.

Kelemahan tim Ferrari yang dulu membuat tim ini disepelekan, kini justru menjadi sebuah kelebihan yang akan memudahkan si kuda Jingkrak berada di podium utama. Tak akan ada lagi tim Ferrari yang loyo.

Namun meskipun banyak pihak yang mengunggulkan Ferrari pada musim ini, kepala tim Ferrari justru tidak terlalu berharap banyak. Ia tidak bermulut besar dan menyepelekan tim lainnya. “Saya pikir treknya lebih bergantung terhadap tenaga mesin sehingga kami tentu lebih kompetitif, tetapi tidak ada hasil yang pasti,” terang Mattia Binotto.

Namun ia juga memastikan bahwa tim Ferrari akan selalu berusaha yang terbaik untuk kemenangan nantinya. Ia juga tidak ingin jika tim Ferrari terus menerus dianggap remeh oleh tim lainnya. “Saya pikir situasinya akan berbeda dibandingkan dengan Budapest dan kami akan mempersiapkan diri dengan cara terbaik untuk mendapat kemenangan pertama itu,” jelas Mattio.

Adapun jadwal F1 GP Belgia 2019 kali ini adalah sebagai berikut:

Jumat, 30 Agustus 2019

  • Pukul 16.00 – 17.30 Latihan Bebas 1
  • Pukul 20.00 – 21.30 Latihan Bebas 2

Sabtu, 31 Agustus 2019

  • Pukul 17.00 – 18.00 Latihan Bebas 3
  • Pukul 20.00 – 21.00 Kualifikasi

Minggu, 1 September 2019

  • Pukul 20.10 – 22.10 Balapan

Meskipun berat mengejar ketertinggalan poin, namun Ferrari tetap yakin kali ini mampu berdiri diatas podium utama.