Kaum Rebahan Wajib Baca! Berikut Trik Melawan Rasa Malas yang Ampuh

16
malas

Istilah rebahan sudah tidak asing lagi di telinga, sebab kebanyakan orang sering sekali mengucapkannya. Bahkan melakukannya. Apa kamu juga suka rebahan? Pasti suka sekali. Menghabiskan sebagian waktu hanya untuk sekedar merileksasi tubuh, menyelonjorkan otot sambil memainkan smartphone dalam beberapa waktu memang boleh sih. Namun sebaiknya jangan terlalu lama.

Jika tidak pasti kamu akan ketagihan, dan dampaknya banyak sekali pada dirimu. Mulai dari banyak pekerjaan yang tidak terselesaikan karena sering menunda, menghabiskan banyak waktu dengan kurang produktif dan pastinya tidak akan menambah kualitas diri jika rebahan dilakukan secara berlebihan. Khususnya untuk milenial, jangan terlalu lama rebahan ya!

Jika kamu benar-benar kesulitan menjauhkan diri dari kasur tempatmu bersimpuh, membuang keluh dan lelah. Ikuti tips berikut ini agar kamu bisa melawan rasa malasmu. Yuk simak!

  • Memberi hadiah untuk diri sendiri

Yang pertama adalah, membuat perjanjian dengan diri sendiri. Cobalah bernegosiasi dengan dirimu. Saat kamu berhasil menyelesaikan pekerjaan dengan baik kamu akan memanjakan diri sendiri. Seperti membeli sesuatu yang kamu sukai, misalnya membeli ice cream, jalan-jalan, membeli skincare terbaru, shopping dan apapun itu. Dengan menyenangkan diri sendiri saat usai melakukan pekerjaan yang dirasa sulit itu akan memberi semangat sendiri untuk dirimu sendiri. Kamu lebih semangat, lebih optimis, bahkan ketagihan untuk melakukan banyak hal yang menantang. Sampai kamu tidak sadar kamu bisa bangkit dari zona nyamanmu.

  • Memaksakan diri

Menyelonjorkan tubuh sambil menyaksikan streaming film favirit memang menyenangkan. Apalagi saat menyaksikan film favorit dan selalu membuat ketagihan di setiap episodenya. Sudah jangan ditanya, jiwa malasnya sudah sampai pada level berapa. Pasti sudah stadium banyak itu.

Namun kamu tidak mungkin selamanya menjadi pemalas dan terperangkap pada kenyamanan bukan? Pasti banyak pekerjaan dan tanggungan yang harus segera kamu selesaikan. Sayang sekali jika waktumu terbuang sia-sia dan kamu tidak mendapatkan hasil apa-apa. Itu sebabnya, sedikit keras dengan diri sendiri tidak apa-apa kok. Paksa pelan-pelan dirimu untuk melakukan pekerjaanmu. Jika tidak, kamu harus siap-siap menyesal.

  • Menulis catatan besar pada kaca tentang target atau pekerjaan yang harus kamu lakukan

Agar lebih greget lagi. Boleh sekali jika kamu membuat notice pada kaca rias atau tembok kamarmu. Mengenai target dan pekerjaan apa saja yang harus kamu kerjakan beserta deadlinenya. Itu akan membuat acara rebahanmu kurang nyaman bahkan akan terganggu dengan tulisanmu tersebut. Dengan begitu, agar rebahanmu bisa nyenyak alangkah lebih baik menyelesaikan kewajiban dulu bukan?

  • Menanamkan rasa percaya diri dan selalu tersenyum

Salah satu faktor yang membuat malas adalah pola pikir pesimis yang terus menghantui. Itu yang membuatmu putus asa sebelum berperang dan semakin memanjakan jiwa rebahanmu. Kamu harus menanamkan rasa percaya diri dengan kuat-kuat agar tujuanmu dapat terlaksana. Merasa sulit dengan pekerjaan yang kamu lakukan dan yakin tidak akan berhasil akan membuatmu semakin ogah bangun dari tempat tidurmu. Beda lagi jika kamu berpikir semua akan kamu lewati dengan baik. Pasti kamu segera merampungkan tugas kuliah dan segera menenangkan diri.

Itulah sahabat dori artikel tentang trik melawan rasa malas yang ampuh. Malas boleh tapi jangan terlalu lama dan berlebihan ya. Selamat berlibur. Isi liburanmu dengan kegiatan produktif.