Kata Elbert Einstein Tentang Kemampuan Setiap Individu

29

Guru adalah salah satu profesi yang memiliki peranan sangat penting dalam pertumbuhan penerus bangsa, baik secara fisik maupun psikologi. Zaman sekarang, banyak guru yang melakukan tugasnya dengan baik ataupun juga ada yang seenaknya. Kalian sendiri pasti pernah menjumpai guru yang nggak adil dan kerjanya kurang baguskan?

Yang akan aku bahas di artikel ini adalah cara mereka mendidik kita dalam pelajarannya. Terspesialis, untuk psikologi anak. Bisa kita rasakan sendirikan kalau sekarang banyak guru yang selalu menuntut siswanya dengan harus mendapatkan nilai sempurna pada materi pelajarannya.

Baik sekarang dari segi menurut pendapat Elbert Einsten, sang ilmuwan ternama yang dikenal di seluruh dunia. Beliau pernah berpendapat bahwa “Everybody is a Genius, but if you judge a fish by the ability to climb a tree, its will live its whole life believeing it is stupid” yang maksudnya, setiap orang itu genius tapi jika kamu menilai se ekor ikan dengan kemampuannya dalam memanjat pohon maka ikan tersebut akan percaya bahwa dia bodoh sepanjang hidupnya.

Bisa disimpulkan bahwa, menurut Albert dia memberikan kalimat ini supaya kita semua, terutama para Guru untuk tidak menilai siswanya atau menjudge bahwa dia bodoh hanya karena dalam satu pelajaran saja. Resikonya akan fatal, siswa bisa meyakini bahwa dia bodoh sepanjang hidupnya padahal ada banyak kemampuan yang ia miliki.

Menurut buku dalam pelajaranku, aku sendiri adalah mahasiswi Keguruan jadi tau tentang hal ini. Ada 9 kecerdasan yang dimiliki setiap individu, dan mereka memiliki kecerdasan tersebut berbeda-beda. tidak bisa kita paksakan untuk menguasai seluruh kemampuan semua pelajaran, semua bakat dan lain-lain. Efeknya akan membuat psikologi siswa tersebut terganggu.

Tentu saja bukan hanya guru, terlebih pendidik anak pertama yaitu orangtua. Orangtua juga harus memahami tentang kemampuan luar seperti yang diluar pelajaran ataupun kecerdasan dalam pelajaran dan kecerdasan yang dimiliki anaknya. Supaya tidak adanya banyak tuntutan yang bisa membuat anaknya bingung juga yang parah lagi menjerumuskan untuk salah kemampuan, i mean like salah jurusan. Wah, fatal ya guys.

Di artikel selanjutnya akan aku bahas tentang kecerdasan-kecerdasan yang dimiliki setiap individu ya, bagi siapapun yang membaca ini semoga kalian tidak mudah menjudge seseorang itu bodoh hanya dalam satu atau dua hal. Jangan membuat psikologis orang lain terganggu karenamu. Silahkan di share dan direnungkan. Semoga bermanfaat ya, terimakasih.