Karburator Mobil Anda Tidak Bisa Langsam? Inilah Penyebabnya

11

Salah satu komponen penting dalam sebuah mobil adalah karburator, tentu karena karburator berfungsi mengalirkan bahan bakar untuk kepentingan pembakaran dalam mesin. Namun bagaimana bila mobil sedikit-sedikit mati, atau bila tidak digas mati, berarti mobil Anda mengalami gagal langsam.

Bila karburator mobil tidak mau langsam Anda harus mengetahui bagian-bagian kronis dari karburator. Karena untuk menjaga karburator lancar langsam, tekanan bahan bakar, udara serta putaran harus pas. Tidak terlalu tinggi tidak juga terlalu rendah. Maka dari itu apa saja yang menyebabkan karburator tidak mau langsam? Inilah penyebabnya.

  1. Keadaan karburator terlalu basah

Pada mesin tentu perlu pemantik atau yang biasa kita sebut busi/spark yang tugasnya memantik atau memberikan sumber api pada bahan bakar pada mesin sehingga terjadi proses pembakaran. Namun terkadang di beberapa keadaan mesin bisa basah atau lembab, penyebab utama biasanya ada air yang masuk melalui karburator hingga mengalir ke mesin. Kalau tidak, perpaduan komposisi antara bahan bakar dan udara pada karburator tidak sepadan, sehingga karburator basah dan sulit untuk langsam.

  1. Karburator di settingĀ terlalu irit

Tak sedikit orang yang menggunakan trik seperti ini untuk menekan biaya bahan bakar. Pada karburator yang di setting sangat irit, penggunaan bahan bakar akan sedikit yang dialirkan namun konsumsi udara akan masuk yang lebih besar, sehingga menghasilkan putaran mesin terus-menerus dalam putaran tinggi, dan sukar untuk di setting pelan. Keadaan demikian serta berlangsung lama tentu akan merusak keadaan karburator bahkan mesin utama. Salah satu masalah yang sering timbul berdasar keadaan demikian adalah karburator sulit langsam.

  1. Ada masalah dengan aliran bahan bakar

Masalah pada karburator tentu beragam, ada yang sulit langsam, ada yang seperti menembak-nembak , kendala demikian biasanya disebabkan oleh aliran bahan bakar yang tidak sempurna. Logikanya memang karburator bertugas melakukan suplai bahan bakar saat pembakaran, namun bila bahan bakar tidak mengalir maka karburator akan kering, tidak hanya pembakaran seluruh mesin akan berhenti.

  1. Kebocoran manifold karburator

Kebocoran manifold atau pada O-ring pada leher angsa karburator juga sering menjadi penyebab karburator tidak mau langsam. Keadaan demikian dipicu karena kerusakan kedua komponen tersebut dapat membocorkan bahan bakar, sehingga karburator tidak memiliki cukup bahan bakar untuk langsam.

  1. Sekrup kepala karburator rusak

Bila Anda mengalami keadaan seperti ini maka Anda harus mengunjungi tukang bubut terdekat untuk memperbaiki, keadaan seperti ini akan membuat karburator menjadi rusak. Hal ini disebabkan oleh pengaturan langsam yang labil.

  1. Terdapat kerak pada kabel gas

Selain mengalirkan power, karburator juga sebagai pengatur power/akselerasi pada mobil. Maka dari itu karburator juga terdiri dari sebuah kabel gas yang berguna mengatur power serta kecepatan mobil. Apabila pada kabel gas ini terdapat kotoran atau kerak maka akan sulit untuk karburator melakukan langsam.

  1. Terdapat kotoran pada karburator

Hal ini biasa terjadi pada mobil yang digunakan setiap hari, maka dari itu Anda perlu menyervis mobil secara berkala. Bila ada kotoran atau debu menggumpal pada karburator tentu akan menghambat suplai bahan bakar yang melalui karburator, sehingga akan sulit untuk langsam. Maka dari itu lakukan pembersihan secara berkala.

Demikianlah 7 penyebab karburator mobil susah untuk langsam, semoga bermanfaat.