Kamu Penderita Vertigo? Hindari 5 Makanan Pemicu Vertigo Berikut Ini

32

Vertigo adalah suatu kondisi yang membuat penderitanya mengalami pusing, bahkan tak jarang melihat sekeliling seperti berputar. Setiap penderita, tingkat keparahannya berbeda-beda. Bisa berlangsung beberapa menit atau jam. Sering kali jika terlampau berat, bisa membuat penderitanya terjatuh. Hal ini dapat mengganggu kehidupan normal kalian.

Selain kepala terasa berputar, ada juga gejala lain yang dapat dirasakan oleh penderita vertigo, seperti mual dan muntah. Penderita vertigo harus segera mendapatkan penanganan. Soalnya, kalau tidak, bisa memperburuk dan membahayakan penderitanya. Salah satunya adalah berisiko terkena stroke.

Banyak sebab yang dapat terjadinya vertigo, di antaranya diabetes, migraine, stroke, tumor  otak, dan penyakit parkinson. Vertigo juga dapat berisiko pada seseorang yang memiliki kebiasaan merokok dan minuman beralkohol.

Maka dari itu, para penderita vertigo harus menghindari berbagai makanan yang dapat memicu vertigo seperti berikut ini:

  1. Biji-bijian

Pertama adalah biji-bijian. Jangan pernah mengonsumsi biji-bijian yang tinggi mengandung tyramine. Karena tyramine adalah penyebab utama kambuhnya vertigo. Gantilah makanan dengan yang lebih baik, seperti kenari, salmon, dan makanan lain yang mengandung lemak sehat.

  • Jeroan

Berikutnya makanan yang mesti dihindari oleh penderita vertigo adalah jeroan. Jeroan diketahui sebagai makanan yang kaya akan kandungan lemak jahatnya. Lemak jahat itulah yang dapat memicu gangguan sirkulasi darah.

  • Daging Merah

Selanjutnya adalah daging merah. Meski daging merah dianggap baik untuk kesehatan tubuh, tetapi jika terlampau sering dikonsumsi bisa memicu terjadinya vertigo. Karena dengan mengonsumsi daging merah bisa membuat peredaran darah ke otak menajdi terganggu. Akibatnya, banyak flak yang menumpuk pada dinding arteri sehingga aliran darah pembawa oksigen jadi tersumbat.

  • Makanan Tinggi Kolestrol

Makanan dengan yang tinggi akan kolestrol harus dihindari oleh penderita vertigo. Contoh makanan yang tinggi kolestrol adalah seafood, gorengan, dan kunig telur.

  • Makanan Mengandung Kafein

Ternyata, makanan yang kita gemari seperti es krim, cokelat hitam, dan kue tart dapat meningkatkan kadar kolestrol dalam darah. Hal inilah yang dapat memicu kambuhnya vertigo.

Itu dia makanan yang dapat memicu kambuhnya vertigo. Selain dari makanan, kalian juga bisa mencegahnya dengan beberapa cara. Pertama adalah mengontrol faktor risiko stroke. Dengan mengontrol faktor risiko stroke, risiko terjadinya vertigo sentral akan berkurang. Selanjutnya adalah mengendalikan asupan garam.

Selain itu, dapat melakukan rehabilitasi vestibular secara teratur. Dengan melakukan hal ini, dapat membantu mencegah kambuhnya vertigo bagi penderita vertigo perifer. Nah, itulah beberapa hal yang dapat kalian lakukan untuk mencegah kambuhnya veretigo.

Setelah mengetahui hal-hal di atas, ada baiknya selalu menjaga kesehatan kalian dengan menerapkan pola hidup sehat. Jangan takut untuk segera konsultasi ke dokter jika kalian merasakan gejala vertigo.