Kamu Kuliah Sambil Kerja? Ini 5 Manfaat yang Bisa Didapatkan

45

Kuliah menjadi institusi tertinggi dalam ranah pendidikan dan menjadi dambaan bagi setiap orang. Tak jarang, banyak orang yang mengelu-elukan atau mendamba orang yang lulus dari perguruan tinggi.

Namun, tahukah kamu ternyata kuliah juga membutuhkan uang yang tidak sedikit karena harus membeli buku dan biaya praktek lainnya. Tak hanya berhenti disitu saja tambahan biaya hidup sehari-hari dan juga biaya sewa kost menjadi biaya tambahan yang perlu dipersiapkan para mahasiswa (sebutan bagi pelajar di tingkat perguruan tinggi).

Banyaknya kebutuhan hidup dan kebutuhan lainnya yang harus dipersiapkan membuat para mahasiswa terkadang belajar hidup mandiri dan prihatin. Sehingga tak jarang, mereka memutar otak dengan cara berbisnis dan bekerja di tempat-tempat yang menerima mahasiswa sebagai karyawannya.

Nah, tahukah kamu ternyata kuliah sambil bekerja juga memiliki manfaat sendiri bagi pelakunya lho. Mau tau apa saja? Ini dia ulasannya.

  • Menjadi lebih tanggung jawab

Ketika kamu kuliah sambil bekerja kamu justru memiliki sikap tanggung jawab, karena kamu harus mempertanggungjawabkan dirimu menjadi mahasiswa dan di sisi lain kamu juga memiliki tanggung jawab sebagai karyawan.

  • Menambah pengalaman

Bekerja sebelum kuliah ternyata memiliki pengaruh dalam hidup kamu lho guys. Kamu memiliki banyak pengalaman yang tentunya berguna untuk masa depanmu tanpa menunggu waktu kelulusan kuliah. Selain itu juga, dengan kamu bekerja kamu bisa menambahkan pengalaman di CVmu.

  • Mengasah skill

Tahukah kamu bekerja sambil kuliah ternyata juga dapat mengasah skillmu lho guys. Kamu juga tau, mana skill yang menonjol dalam hidup kamu dan kamu bisa kembangkan untuk nanti di dunia kerja sesungguhnya.

  • Mempunyai sedikit tabungan

Ternyata bekerja sambil kuliah juga memiliki untung tersendiri lho guys, kamu bisa memiliki sedikit tabungan untuk membeli kebutuhan kuliahmu yang lain tanpa meminta orang tuamu. Lumayan kan, membantu meringankan beban orang tua di rumah.

  • Lebih mengenal dunia kerja

Ketika kamu memutuskan untuk bekerja sambil kuliah, kamu menjadi lebih paham tentang dunia kerja. Kamu jadi tahu seluk beluk dunia kerja, bagaimana pahit manisnya dunia kerja, dan masih banyak lagi hal lainnya. Selain itu, kamu juga memiliki banyak koneksi dari orang-orang yang belum mengenalmu.

Jadi itu dia sahabat dori, 5 manfaat kuliah sambil kerja. Bagaimana? Apakah kamu mulai tertarik untuk mencoba juga? Tapi yang menjadi poin penting, kamu harus pintar membagi waktu antara kuliah dan kerja ya. Semoga bermanfaat.