Kamu Harus Tahu! 9 Tanda Ini Menandakan Mentalmu Masih Lemah

13

Mental adalah tameng dalam menjalani hidup. Setiap orang mempunyai tingkatan mental yang berbeda-beda, hal ini bisa terjadi karena memang sifat bawaan, lingkungan sekitar, ataupun hal lainnya.

Bicara soal mental, setiap orang tentunya ingin memiliki mental yang kuat dan tak ingin kelihatan lemah di mata orang-orang di sekitarnya. Untuk mengetahui dan mengukur apakah mentalmu itu sudah kuat atau lemah coba kamu pertimbangkan dan kamu tanyakan pada dirimu sendiri.

1. Baperan dan Mudah Ngambek

Orang yang mental kuat selalu cuek dengan keadaan. Ia terlatih untuk bersikap kuat dan bermental baja terhadap omongan orang lain yang sifatnya menjatuhkan. Baginya mengejek orang dan mengkritik orang lain tanpa solusi adalah suatu kesia-siaan belaka dan cukup membuang waktu.

2. Takut Sendirian

Orang yang bermental kuat tak akan pernah takut sendirian. Baginya takut bukanlah sifat orang yang bermental kuat, karena orang yang mental kuat selalu berani menghadapi masalah apapun dengan kemampuannya.

3. Ingin Hasil yang Serba Instan

Orang yang mentalnya lemah selalu ingin mendapatkan hasil yang instan tanpa perlu bersusah payah. Baginya hasil adalah jawaban yang memuaskan dari suatu proses. Berbeda dengan orang yang mentalnya kuat, bagi mereka proses adalah pelajaran yang paling berharga sedangkan hasil adalah bonus dari tujuan akhir yang dicapai.

4. Tidak Berani Membuat Perubahan

Hanya orang yang bermental lemah saja yang menyerah pada keadaan tanpa berani membuat perubahan dalam hidupnya. Katanya sih, semua yang sudah digaris tidak akan bisa diubah. Wah kayanya pemikiran seperti itu harus dihapuskan. Karena tanpa adanya perubahan kita juga akan tidak bisa menjalani hidup di masa yang akan datang dengan lebih baik.

5. Iri dan Dengki Melihat Orang Sukses

Hanya orang yang mentalnya lemah saja yang bisanya iri, dengki, mengeluh melihat orang lain sukses. Mengapa? Karena ia sendiri tidak pandai bersyukur dengan apa yang dimiliki dan tidak mau melakukan perubahan dalam hidupnya seperti poin nomor 4 yang sudah dijelaskan tadi.

6. Gampang Terpengaruh Omongan Orang Lain

Kalau ini sih nggak berlaku untuk mereka yang bermental kuat ya guys. Karena orang yang mentalnya kuat tidak akan mudah dipengaruhi omongan orang lain, biasanya juga ia akan memilih dan mempertimbangkan kebenaran dari omongan orang lain. Beda cerita, kalau orang yang mentalnya lemah. Biasanya ia akan langsung menangkap dan langsung memberi kesimpulan tanpa mempertimbangkan dan mencari kebenaran dari orang lain.

7. Enggan Mengakui Kesalahan

Kamu sering melakukan kesalahan atau istilah kerennya “suka lempar batu sembunyi tangan”. Wah kalau kamu masih lakukan hal itu, menandakan BAHAYA. Kenapa? Karena hal itu hanya dilakukan orang yang bermental lemah. Ia selalu berpikir bahwa dirinya selalu benar tanpa melakukan kesalahan dalam bentuk apapun.

8. Sering Mengasihani Diri Sendiri

Hanya orang yang mentalnya lemah, yang selalu meratapi dan mengasihani diri sendiri tanpa melakukan perubahan. Hallo! apakah di zaman seperti sekarang ini masih berlaku? Ayolah kita hidup di dunia di mana kamu harus mau melakukan perubahan untuk diri kamu sendiri.

9. Sering Mengulangi Kesalahan yang Sama

Orang yang mentalnya kuat, selalu mengambil pelajaran dari suatu kesalahan. Berbeda nih, kalau orang yang mentalnya lemah ia akan selalu pasrah dengan keadaan tanpa mau memperbaiki kesalahan yang dilakukannya. Wah kalau kaya gini terus yakin banyak orang mau dekat dengan kamu?

Nah dari 9 pertimbangan di atas. Kira-kira kamu sudah bisa menilai mental kamu belum? Apakah kamu termasuk mental yang kuat seperti baja? Atau justru sebaliknya mental kamu lemah dan selalu ingin dikasihani banyak orang? Yuk mulai sekarang perbaiki diri sendiri, mulailah dari hal terkecil untuk membuat mentalmu sekuat baja.