Kamu Calon Mahasiswa Baru, Kenali 4 Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri Impianmu

14

Bulan Januari menjadi waktu yang menyibukkan bagi siswa kelas XII. Selain mempersiapkan Ujian Nasional juga harus merencanakan pendaftaran perguruan tinggi yang diinginkan. Sebelum menentukan perguruan tinggi, kamu harus menentukan biaya, program studi dan lokasi kuliah. Berikut 4 jalur masuk perguruan tinggi negeri yang akan membantumu mewujudkan kuliah impian.

1.Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah seleksi yang diselenggarakan KEMENRISTEKDIKSI yang dikhususkan untuk menjaring siswa-siswi yang memiliki nilai rapor selama 5 semester dan memiliki portofolio akademik.

Biasanya pendaftaran SNMPTN akan dikoordinir oleh sekolah masing-masing yang telah memiliki NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasioanal) dan telah mengisi PDSS (Pangkalan Data Siswa Sekolah). Setiap sekolah memiliki kuota untuk mendaftarkan siswanya berdasarkan akreditasi.

Akreditasi A berhak mendaftarkan 40% siswa terbaik sekolah, Akreditasi B berhak Mendaftarkan 25% siswa terbaik, dan Akreditasi C berhak atas 5% siswa terbaiknya. Kamu yang telah terdaftar dapat memilih maksimal 2 program studi pada satu atau dua perguruan tinggi. Melalui Jalur ini, kamu tidak perlu mengikuti tes tulis dan menunggu pengumuman kelulusan.

Jadwal Pelaksanaan SNMPTN

Pengisian dan Verifikasi PDSS: 04 Januari – 25 Januari 2019

Pendaftaran SNMPTN: 04 Februari – 14 Februari 2019

Pengumuman Hasil Seleksi: 23 Maret 2019

Cek Informasi lengkap di Website : snmptn.ac.id

2.Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

SBMPTN adalah seleksi berdasarkan ujian tulis. SBMPTN berbeda dengan tahun sebelumya, kalau tahun sebelumnya daftar PTN dulu baru ujian. Maka, SBMPTN tahun 2019 kamu diharuskan melakukan ujian berbasis komputer terlebih dahulu. Ada dua materi tes yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA).

Setelah itu akan ada pengumuman nilai, kamu baru bisa memilih maksimal 2 program studi pada satu atau dua perguruan tinggi. Sistem baru ini dimaksudkan untuk mengukur kemampuan kamu dalam menentukan perguruan tinggi atau program studi yang sesuai dengan nilai.

SBMPTN dapat diikuti oleh lulusan angkatan 2017, 2018, dan 2019. Oleh karena itu, kamu akan menghadapi lebih banyak pendaftar dari pada SNMPTN.

Jadwal Pelaksanaan SBMPTN

Pendaftaran SBMPTN                   : 10 – 24 Juni 2019

Pengumuman Hasil SBMPTN       : 9 Juli 2019

Cek Informasi lengkap di Website : https://sbmptn.ac.id/

3.Seleksi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Islam Negeri (SPAN PTKIN)

SPAN PTKIN atau Seleksi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Islam Negeri sebenarnya sama dengan SNMPTN. Perbedaannya terletak pada jenis perguruan tingginya, kalau SNMPTN untuk perguruan tinggi negeri umum sedangkan SPAN PTKIN dikhususkan untuk perguruan tinggi islam negeri yang terdiri dari UIN/IAIN/STAIN.

Pendaftarannya hampir sama dengan SNMPTN yaitu akan dikoordinir sekolah/madrasah, kamu tinggal mengajukan  surat permohonan kepada sekolah dengan menggunakan nilai rapor selama lima semester.

Jadwal Penting SPAN PTKIN

Launching : 23 Januari 2019

Cek Informasi lengkap di Website : https://span-ptkin.ac.id/

4.Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK PN)

PMDK PN merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang mendaftar politeknik negeri diseluruh Indonesia. Politeknik itu lembaga pendidikan tinggi berdasarakan keahlian yaitu Diploma 3 maupun Diploma 4 ( Sarjana Terapan ).

Kamu dapat mencari informasi ke sekolah apakah sekolah kamu telah terdaftar. Setelah itu kamu dapat mengajukan pendaftaran ke sekolah dengan rapor selama 5 semester. Dalam sistem PMDK PN, kamu dapat mendaftar 3 program studi pada dua politeknik berbeda.

Dapat mencari informasi ke sekolah apakah sekolah kamu telah terdaftar. Setelah itu kamu dapat mengajukan pendaftaran ke sekolah dengan rapor selama 5 semester. Dalam sistem PMDK PN, kamu dapat mendaftar 3 program studi pada dua politeknik berbeda.

Jadwal pelaksanaan PMDK PN

Penyebaran Dan Request Undangan: 4 Februari – 6 April 2019

Pengisian Data Oleh Sekolah: 4 Februari – 6 April 2019

Pengisian Data Oleh Siswa: 4 Februari – 6 April 2019

Pengumuman: 16 April 2019

Cek Informasi lengkap di Website : https://pmdk.politeknik.or.id/

Menentukan program studi dan perguruan tinggi memang harus kamu dipikirkan matang-matang. Tapi kamu harus memaksimalkan momentum jalur-jalur yang dilaksanakan