Jokowi Sebut Produk Indonesia Berani Bersaing dengan China

18

Jakarta, 09 Januari 2019, Presiden RI Joko Widodo mengungkapkan bahwa produk Indonesia kini sudah mampu mengungguli China. Kualitas dan harga dari produk-produk Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi. Sehingga Presiden Jokowi sendiri mengatakan bahwa harus berani bersaing agar produk Indonesia dapat masuk ke berbagai negara lain.

Jokowi hari ini, dalam sambutan Pembukaan Rapat Kepala Perwakilan Republik Indonesia dengan Kementerian Luar Negeri yang berlangsung di Istana Negara, mengungkapkan bahwa produk Indonesia sàat ini sudah jauh lebih kompetitif dibandingkan produk Tiongkok. Banyak barang yang sudah kompetitif sehingga berani untuk bersaing dengan mereka. Produk Indonesia dinilai bisa memberikan kualitasnya yang tidak kalah dengan Tiongkok.

Jokowi juga menyebutkan bahwa para duta besar perlu melakukan pembukaan pasar baru di berbagai negara Asia Tengah, Afrika, Eropa Timur juga Asia Selatan. Jokowi ingin agar produk Indonesia hanya berputar di negara Amerika Serikat, Eropa ataupun China saja.  Apalagi saat ini banyak negara di luar pasar tradisional di Indonesia sedang mengalami perkembangan bahkan dengan pertumbuhan ekonomi lebih dari 5 persen.

Hari ini, Kamis 09 Januari 2020 sudah disampaikan oleh Menteri Luar Negeri yang berhubungan dengan beberapa negara di Afrika bahwa banyak yang meningkat pertumbuhan lebih dari 5 persen.

Jokowi juga menugaskan para duta besar agar sama-sama melihat peluang yang bisa diambil oleh Indonesia  di negara mana yang ditugaskan. Para duta besar tersebut juga memiliki kewajiban untuk memberikan informasi terkait produk yaang dibutuhkan di negara lain sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pasar barang ekspor negara Indonesia.

Jokowi menyatakan bahwa dia sendiri merasa senang jika produk Indonesia dapat masuk ke berbagai pasar di Afrika. Tetapi, produk yang banyak masuk ialah produk dari usaha kecil dan produk usaha menengah. Mengapa hal ini bisa terjadi? Sebab dalam hal kualitas, saat ini Indonesia  belum menaruh perhatian ketat sehingga tidak ada standar tertentu untuk kualitas produk.

Dalam pertemuan ini, Jokowi memberi tugas kepada para duta besar agar menjalin kerjasama dengan baik dengan negara sahabat sehingga menjadi duta investasi dan ekspor. Jokowi ingin agar kegiatan diplomasi para perwakilan Republik Indonesia itu fokus kepada sektor ekonomi. Sebab saat ini, sektor ekonomi memang sedang dibutuhkan sehingga fokus ke hal ini dulu lebih penting.

Saat ini Jokowi memang sedang fokus ke perkembangan perekonomian Indonesia terbukti dengan beliau menyampaikan daya saing produk Indonesia saat ini sudah dapat mengungguli produk China. Beliau pun setuju dan senang jika produk Indonesia masuk ke berbagai negara.