Jokowi Cek Infrastruktur Pariwisata Labuan Bajo

19

Manggarai 19 Januari 2020 Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo pada hari ini, Miggu (19/1) menuju Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk melakukan kunjungan kerja. Orang nomor satu di Indonesia ini memiliki tujuan untuk memantau secara langsung bagaimana perkembangan pembangunan infrastruktur.

Berangkat dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta menuju Bandara Komodo, Presiden beserta rombongannya lepas landas di sekitar pukul 09.00 WIB. Rombongan ini berangkat dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Menurut laporan, Presiden beserta rombongannya tiba di Bandara Komodo, Manggarai Barat sekitar pukul 11.50 WITA. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono yang ikut dalam penerbangan tersebut mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo akan melaksanakan berbagai agenda kerja hingga hari Selasa (21/1) nanti.

Heru menyatakan bahwa esok harinya Presiden akan melakukan peninjauan terhadap proyek pembangunan terminal multipurpose Labuan Bajo dan juga meninjau kawasan di Puncak Waringin. Di samping itu, Presiden juga akan meresmikan sarana pendukung pariwisata. Sarana pendukung wisata ini adalah sebuah hotel milik BUMN.

Heru juga menyatakan bahwa kunjungan kerja yang dilakukan kali ini akan dimanfaatkan oleh Presiden untuk melakukan peninjauan terhadap infrastruktur yang mendukung pariwisata di Labuan Bajo.

Labuan Bajo adalah salah satu dari 5 detinasi wisata super prioritas pada tahun ini. Tidak heran bila pada bulan Juli tahun 2019 lalu, Presiden juga sudah melakukan peninjauan infrastruktur di tempat pariwisata Labuan Bajo.

Di dalam berbagai kesempatan, Presiden Joko Widodo selalu menegaskan jika dirinya akan selalu langsung memantau pembangunan suatu infrastruktur yang sedang dikerjakan.

Yang ikut serta Presiden dan Ibu Negara dalam perjalanan menuju Provinsi NTT ini antara lain, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dan Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto serta Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, terakhir Staf Khusus Presiden Adamas Belva Syah Devara.

Pasukan Pengamanan VVIP sejumlah 825 personel sudah disiapkan di Labuan Bajo untuk melakukan pengamanan kunjungan kerja Presiden  Joko Widodo kali ini.

Komandan Korem 161/Wirasakti Kupang Brigjen TNI Syaiful Rahman yang dihubungi dari Kupang pada pagi ini, Minggu (19/1), mengatakan bahwa ratusan personel tersebut merupakan personel yang berasal dari personel gabungan.

Personel gabungan tersebut terdiri dari 455 personel TNI AD, 40 personel TNI AU, 30 personel TNI AL dan 300 personel kepolisian. Dilaporkan bahwa kemarin sore sudah dilakukan gelar pasukan dan jumlah personel yang tergabung adalah 825 orang.