Jauhilah! 4 Makanan Pemicu Stroke Berikut Ini

13

Stroke adalah suatu kondisi yang terjadi pada seseorang ketika pasokan darah ke otak terganggu. Dengan terganggunya darah menuju otak, maka otak tidak akan mendapatkan asupan oksigen dan nutsiri. Alhasil, sel-sel pada sebagian area otak akan mati. Saat area otak mati, bagian tubuh yang digerakan oleh area tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik.

Menurut Kementrian Kesehatan Indonesia, stroke menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia. Ada lebih dari lima belas persen kematian yang terjadi di Indonesia disebabkan oleh penyakit stroke. Kejadian yang paling sering adalah stroke iskemik, tetapi kematian yang paling sering adalah stroke hemoragik.

Setiap orang memiliki gejala stroke yang berbeda-beda, tetapi ada gejala yang paling sering dijumpai, yaitu wajah terlihat menurun, bicara menjadi kacau, dan tungkai mati rasa. Penyebabnya sendiri bervariasi, ada yang karena gumpalan darah pada pembuluh darah di otak, tekanan darah tinggi, ataupun pengaruh obat-obatan pengencer darah.

Ada juga makanan yang dapat memicu terjadinya stroke. Ada apa saja? Lihat daftarnya berikut ini:

  • Kerupuk, Keripik, dan Gorengan

Hindarilah makana-makanan yang dipanggang, yang tinggi kandungan lemak trans, dan menggunakan minya terhidrogen dalam pembuatannya, Karena makanan ini memiliki sifat yang berbahaya.  Salah satunya adalah mampu menyumbat saluran pembuluh darah.

Ini pun dibuktikan dalam sebuah risete dari University of North Carolina, Amerika Serikat. Bahwa tujuh gram lemak trans setiap hari dapat meningkatkan risiko terserang stroke sebesar tiga puluh persen.

  • Daging Olahan

Daging olahan menjadi premotor risiko terjadinya stroke. Karena daging olahan pada umumnya memiliki kandungan natrium yang tinggi dan mengandung bahan pengawet. Natrium nitrat dan nitrit dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan arteri mengeras dan menyempit.

Bahkan sebuah riset meta-analisis dalam jurnal Circulation memperkirakan risiko meningkat sebesar 42 persen bagi mereka yang makan satu porsi daging olahan perhari. Riset lain yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menyatakan, mengonsumsi daging merah sebanyak dua porsi atau lebih setiap hari dapat meningkatkan risiko terkena stroke hingga 28 persen bagi pria.

  • Soda

Soda memang menjadi salah satu pemicu datangnya stroke. Maka dari itu, gantilah dengan minuman bergula karena dapat menurunkan berat badan dan mempromosikan kesehatan jantung

  • Makanan Cepat Saji

Tak heran jika makanan satu ini masuk ke dalam daftar makanan pemicu datangnya stroke. Makanan yang minim nilai gizi dan memiliki berbagai kandungan berbahaya di dalamnya. Sehingga dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah stroke.

Nah, itulah beberapa makanan yang jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menjadi pemicu timbulnya stroke. Maka dari itu, kurangilah dan mulailah melakukan pola hidup sehat agar memiliki kondisi tubuh yang baik.