Jaringan 4G pada Xiaomi Berubah Jadi 3G Lagi? Ini Solusinya!

12

Pasar Xiaomi di Indonesia kini semakin luas. Pengguna ponsel asal Cina ini semakin meningkat. Keunggulan spek yang dimiliki Xiaomi yang dibanderol dengan harga murah dibandingkan dengan ponsel lain yang harganya selangit membuat Xiaomi tidak perlu waktu lama untuk menguasai pasar ponsel Indonesia.

Namun meskipun Xiaomi begitu banyak digunakan saat ini, masalah yang dihadapi para pengguna Xiaomi tentu saja tetap ada. Salah satunya yang paling sering dialami adalah berubahnya jaringan 4G menjadi 3G setelah melakukan update. Hal ini tentu saja membuat kesal. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini adalah 3 cara mengembalikan jaringan ke 4G pada ponsel Xiaomi:

1. Ganti Lokasi

Cara pertama adalah dengan mengganti lokasi. Cara ini biasanya berhasil pada Xiaomi Redmi 3 Pro. Cukup buka pengaturan, lalu ke pengaturan tambahan, kemudian pilih lokasi. Pilih Malaysia sebagai lokasimu.

Setelah itu, aktifkan Mode Pesawat. Dan jaringan 4G-mu pun akan kembali muncul. Namun, jika cara ini tidak berhasil, kamu dapat mencoba cara kedua.

2. Kode Khusus

Jika cara pertama tidak berhasil, coba saja cara yang kedua ini. Caranya adalah dengan mengganti kode khusus yang terdapat pada ponselmu. Berikut ini adalah cara mengubah kode khusus tersebut:

  • Cabut seluruh kartu SIM yang ada. Ponsel Xiaomi memilik 2 slot kartu SIM, lepaskan seluruhnya.
  • Tekan *#*#4636#*#* pada layar
  • Kemudian akan muncul beberapa opsi. Pilih Phone Info 1.
  • Pilih Set Preferred Network Type.
  • Akan muncul banyak opsi, pilih CDMA Only.
  • Masukkan satu kartu SIM terlebih dahulu dan yang telah 4G.
  • Masuk ke dalam menu pengaturan, pilih SIM card and mobile network.
  • Pilih Preferred Network.
  • Pilih Global atau Preferred 4G CDMA.

3. Downgrade

Masih belum muncul juga jaringan 4G-nya? Mungkin kamu harus melakukan cara terakhir ini yakni melakukan downgrade. Kebanyakan ponsel Xiaomi tidak lagi bisa menikmati jaringan 4G setelah melakukan upgrade, maka sebaiknya kembalikan ke versi MIU sebelumnya.

Namun cara ini akan membuat seluruh data yang ada pada ponsel menghilang. Jadi sebaiknya lakukan back up data sebelum melakukan cara terakhir ini.

Pertama, download ROM yang sesuai dengan tipe ponsel. Kemudian buka updater pada ponsel. Pilih ikon 3 titik yang terdapat pada sudut kanan atas menu. Pilih choose update package. Pilih ROM yang telah didownload dan ponsel kamu pun akan kembali ke versi MIU sebelumnya.

Itulah beberapa cara untuk mengembalikan jaringan 4G yang hilang akibat upgrade yang terlanjur dilakukan pada Xiaomi. Semoga dapat bermanfaat.