Jangan Tebang Pohon! Ini 5 Manfaat Pohon Yang Wajib Kamu Ketahui!

11

Pohon merupakan pondasi yang paling mendasar dalam merawat ekosistem kehidupan di bumi. Tanpa adanya pohon, mungkin tidak ada tanda-tanda kehidupan di bumi.

Pohon memiliki manfaat yang banyak dan luar biasa bagi kehidupan makhluk hidup. Namun, karena beberapa hal manusia justru membakar, menebang dengan liar demi kepentingan pribadi, dan masih banyak lagi.

Sejatinya manusia lupa, manfaat pohon bagi kehidupan sangatlah besar. Hanya saja manusia belum menyadari sepenuhnya, betapa pentingnya pohon dalam kehidupannya. Kira-kira sahabat dori sudah tahu belum manfaat pohon dalam kehidupan kita? Kalau belum tahu atau bahkan mau menambahkan pengetahuan lebih luas lagi, yuk simak ulasan berikut !

1. Membersihkan Udara

Pohon disebut juga dengan paru-paru bumi. Kenapa? Karena oksigen segar dan bersih yang dihirup oleh semua makhluk hidup tak terkecuali manusia itu semua berasal dari pohon. Di daerah perkotaan sendiri, sebenarnya penggalakan penanaman pohon sangatlah perlu dilakukan.

Hal ini dikarenakan pohon dapat menyelamatkan kehidupan makhluk hidup dengan membersihkan partikel udara yang kotor yaitu karbondioksida menjadi udara yang bersih (oksigen) yang nantinya bisa dinikmati dengan gratis oleh semua makhluk hidup.

2. Mengendalikan Suhu dan Kelembaban

Pohon mempunyai fungsi untuk mengendalikan suhu dan kelembaban suatu tempat. Ketika kamu diberi pilihan, manakah yang akan kamu pilih tinggal di kota atau di pedesaan? Mungkin sebagian dari kita akan menjawab tinggal di desa karena cuacanya dingin dan sejuk, serta jauh dari polusi.

Iya jawaban itu tidak salah, karena memang di daerah kota sendiri hampir setiap harinya kita merasakan hawa yang sangat panas apalagi di waktu siang harinya. Kira-kira apa sih menyebabkan suhu di kota itu bisa panas? Penyebabnya adalah terlalu banyak penggalakan pembangunan yang tidak diimbangi dengan penanaman pohon.

Selain itu juga polusi udara yang setiap harinya semakin melambung tinggi, membuat suhu di kota kian menjadi panasnya. Sebenarnya dengan kita menggalakkan penanaman pohon tentunya hal ini tidak akan terjadi, karena masalah-masalah tersebut bisa ditekan atau diatasi dengan pohon.

3. Tempat Tinggal Satwa

Fungsi pohon selanjutnya adalah sebagai tempat tinggal satwa. Iya seperti kita ketahui belakangan terakhir adanya pemberitaan beberapa satwa masuk ke dalam pemukiman warga, dikarenakan habitatnya rusak. Padahal kalau kita telusuri pohon itu memiliki fungsi untuk menjaga populasi mereka agar tidak cepat punah.

4. Pengendali Bencana Alam

Ibukota besar seperti Jakarta menjadi langganan tiap tahunnya di musim penghujan, sebagai pemukiman yang sering banjir. Hal ini dikarenakan di beberapa sudut kota Jakarta pohon-pohon yang tinggi menjulang tidak mampu menyerap banyaknya air hujan yang turun.

Selain itu juga, banyaknya pemukiman warga serta penyempitan sungai di beberapa titik yang memicu adanya banjir, tanah longsor dan lainnya. Padahal jika ditiap-tiap rumah melakukan penanaman pohon, besar kemungkinan banjir di ibukota dapat diatasi dengan baik.

5. Tempat Usaha

Pohon juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat usaha, yaitu dengan menyulap beberapa pohon menjadi spot foto yang katanya hits dan kekinian. Kalau kita lihat hampir di tiap-tiap daerah sekarang punya tempat kekinian dengan memanfaatkan beberapa lahan kosong.

Menyulap pohon sebagai tempat mencetak rupiah sih nggak masalah ya sahabat dori, asalkan kita bisa juga merawatnya dengan baik.

Wah ternyata fungsi pohon penting juga ya dalam kehidupan kita. Tapi kenapa ya, masih ada saja ya oknum-oknum yang mengabaikan fungsinya. Kalau nanti tiba-tiba banjir gimana? Kalau nanti hewan-hewan liar masuk ke pemukiman warga lagi gimana? Kalau di bumi makin hari makin panas gimana? Siapa yang mau disalahkan?

Nah, sebagai makhluk yang diciptakan dengan sempurna oleh Tuhan. Nggak ada salahnya dan nggak ada ruginya kok kita melakukan langkah kecil seperti menanam pohon di lahan kosong atau rumah kita sendiri.