Jangan Panik! Inilah Cara Mengatasi Ban Mobil Tubeless Benjol

9
Jangan Panik Saat Ban Tubeless Benjol

Penyebab ban mobil benjol bisa beragam, di antaranya bisa disebabkan oleh pengisian angin dengan tekanan yang berlebihan, ban mengalami deformasi bentuk karena kurang tekanan dan beban berlebihan. Penyebab lainnya bisa juga diakibatkan karena ban sering melaju di jalanan dengan bebatuan tajam sehingga perlu penyetelan (spooring). Selain itu, suspensi juga dapat menjadi penyebab ban mobil benjol. Karena suspensi yang keras dan mati, efek bantingannya akan terasa ke ban mobil dan menyebabkan ban mobil tidak rata atau benjol.

Permukaan ban mobil yang benjol ini dapat Anda rasakan jika Anda mengemudikan mobil dengan kecepatan tinggi. Biasanya, mobil akan serasa bergoyang atau berguncang. Kasus ini dapat ditemui pada ban berjenis tubless. Jika Anda pergi ke bengkel, rata-rata akan mengatakan jika ban benjol tidak dapat diperbaiki dan menyarankan untuk membeli ban mobil baru. Sebenarnya bisa diperbaiki sementara dengan langkah-langkah berikut.

  1. Pengecekan ban mobil

Pertama-tama, dongkraklah mobil Anda sampai ban terangkat sekitar 0,5 cm. Lalu ganjal ban pada persilangan ban yang diperiksa. Lepas rem tangan saat memeriksa ban, agar ban dapat berputar. Putar roda ban, lihat apakah pada ketinggian 0,5 cm ada bagian dari ban yang tersangkut di tanah. Jika ada, berarti ban mobil Anda benjol atau tidak rata.

  1. Perbaikan sementara

Penambalan termasuk cara memperbaiki ban mobil benjol. Namun, efek dari penambalan ini hanya sementara dan memang dapat Anda gunakan dalam kondisi darurat saja. Gunakan beberapa alat misalnya  obeng kecil dan kompresor. Carilah titik mana yang kondisinya benjol kemudian tusuklah dengan obeng kecil dari samping.

Berhati-hatilah agar tusukan itu tidak menembus hingga ban dalam mobil Anda. Setelahnya, akan ada suara udara keluar dan segera kosongkan udara dalam ban lalu isi lagi dengan kompresor. Ulangi terus hingga angin yang berada dalam benjolan ban hilang.

  1. Pemilihan tipe ban

Cara penambalan memang hanya menimbulkan efek sementara, karena ban akan kembali pada kondisi seperti sedia kala. Sebaiknya ganti dengan ban baru, karena jika Anda terus menerus menggunakannya akan membuat ban berpotensi meletus jika Anda mengemudi dalam kecepatan tinggi. Jalankan mobil cara perlahan jika Anda melakukan cara penambalan.

Kemudian, Anda dapat mengganti ban baru dengan memperhatikan beberapa hal pada saat memilih ban. Ketika membeli ban, pilihlah ban yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda. Biasanya informasi tersebut tertera pada plakat pintuatau laci mobil Anda. Di sana tertera beberapa kodenya, seperti LT untuk light struk, ST untuk special trailer, T untuk ban serep, R untuk radial, dan P untuk mobil penumpang.

Pilih ukuran ban sesuai dengan kondisi jalanan yang sering Anda lewati. Selain itu, sesuaikan pula ukuran ban yang sesuai dengan velg mobil, biasanya ukuran terdapat pada angka di belakang huruf R yang tertera pada plakat.

Demikian cara mengatasi ban mobil yang benjol serta penyebab-penyebabnya. Saat hendak mengganti ban mobil, Anda juga dapat berkonsultasi terlebih dulu dengan para teknisi di bengkel mobil langganan Anda.