Jangan Panik! Begini Cara Menangani Orang Pingsan

80
Ilustrasi keadaan seseorang yang pingsan

Pingsan adalah suatu kondisi dimana seseorang kehilangan kesadaran secara mendadak, yang diakibatkan kurangnya asupan oksigen dan juga aliran darah yang menuju ke otak. Penyebabnya bisa jadi dikarenakan kelelahan, suhu yang terlalu panas ataupun stres yang menumpuk. Berikut akan dijelaskan beberapa hal yang kkita bisa lakukan sebagai bertuk pertolongan pertama pada orang yang pingsan.

Hindari benturan dan tempatkan penderita di posisi yang nyaman

Jika melihat ada orang yang hendak pingsan, cepat-cepatlah menangkap tubuhnya agar terhindar dari benturan. Setelah itu berusahalah menempatkan penderita di tempat dan posisi yang nyaman untuk membantu agar kesadarannya cepat pulih.

Mencoba mengecek respon korban

Jika penderita tersebut masih belum dapat menyadarkan diri, cobalah untuk mengecek responnya untuk mengetahui apakah orang yang pingsan tersebut sudah sadar atau belum. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menepuk pundaknya beberapa kali ataupun memanggil namanya.

Jika dia sadar, itu bisa juga dengan cara menghirupkan minyak kayu putih atau cairan lain yang berbau cukup tajam di hidungnya, atau juga memercikan air ke mukanya untuk membantunya agar dia sadar. Jika sudah sadar, dia akan merespon pertama kali dengan membuka matanya.

Longgarkan baju atau ikat pinggang

Orang yang pingsan nafasnya cenderung sesak. Maka dari itu untuk membantu nya agar segera sadar dan bernafas dengan lega, Kita bisa membantu untuk membuka satu atau dua buah kancing baunya dan juga melonggarkan ikat pinggangnya agar tidak terlalu sesak dan membantunya untuk bernafas dengan lebih baik.

Mengecek denyut nadi

Salah satu cara yang kita lakukan dalam memberikan pertolongan pada orang yang pingsan adalah dengan cara mengecek denyut nadinya. Jika denyutnya masih berasa, selanjutnya kita bisa mengecek respon korban yang pingsan tersebut, atau membantu melancarkan aliran darahnya dengan cara mengangkat kakinya.

Segera hubungi rumah sakit terdekat

Jika melihat orang yang pingsan,terutama jika mendapati gejala-gejalanya yang tidak biasa sebelum pingsan seperti sesak nafas, nyeri dada, ataupun ketika pingsan mengalami benturan dikepala, maupun orang yang pingsan tersebut sudah kita berikan pertolongan pertama namun tak kunjung sadar, sebaiknya kita segera menelepon rumah sakit terdekar untuk mendapat penanganan dan pemeriksaan yang lebih lanjut.

Orang yang pingsan bisa terjadi pada siapa saja dan dimana saja. Maka dari itu sebagai upaya pencegahan alangkah baiknya jika kita mengisi perut dulu sebelum berpergian atau beraktivitas, sehingga badan terasa lebih fit.

Selain itu, jangan terlalu juga untuk memaksakan diri beraktivitas jika kondisi tubuh sedang tidak memungkinkan. Dan jika menemukan orang yang pingsan, jangan panik dan berikanlah pertolongan pertama pada korban sambil menunggu bantuan medis datang. Semoga informasi di artikel ini bia bermanfaat bagi anda.