Jangan Lakukan 6 Hal Ini Setelah Berlari

193

Olahraga berlari memiliki banyak manfaat kesehatan. Salah satunya untuk menyehatkan jantung juga  untuk membuat badan lebih bugar. Kebanyakan orang sangat capek ketika selesai berlari dan langsung beristirahat begitu saja, berikut 6 hal yang tidak boleh dilakukan setelah berlari.

1. Melewatkan Minum Air

Keberadaan air sangat penting bagi kesehatan. Terutama setelah berolahraga air berfungsi sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang melalui keringat. Selain itu air bisa dimanfaatkan untuk detoksifikasi racun dalam tubuh.  Namun, kegiatan yang sederhana ini masih sering dilupakan.

Kebanyakan orang setelah berlari tidak segera minum air. Akibatnya tubuh menjadi lemas dan kurang focus terhadap suatu hal. Air selain berfungsi untuk keseimbangan cairan tubuh, juga bisa membuat otak berfungsi lebih baik. Jangan sampai dilupakan, ya!

2. Suka Menunda Mandi

Mandi merupakan salah satu cara untuk membersihkan diri dan menyegarkan badan. Namun, bagi kebanyakan orang mandi sangat enggan untuk dilakukan. Apalagi setelah berolahraga seperti berlari. Padahal setelah berlari, tubuh mengeluarkan banyak keringat dan menyebabkan bakteri betah hinggap di tubuh.

Akibatnya, muncul berbagai macam keluhan seperti bau badan, jerawat dan penyakit kulit yang lain. Jika sudah seperti itu, bakteri akan lebih mudah merusak kulit Anda. Usahakan setelah berlari segera membersihkan badan agar selain bugar juga badan menjadi bersih dan segar.

3. Tidak Melakukan Pendinginan

Pemanasan dilakukan sebelum olahraga. Tujuannya adalah agar otot tubuh tidak mengalami kram. Setelah berolahraga, pendinginan juga perlu dilakukan. Proses pendinginan badan ini yang sering dilupakan banyak orang.

Tujuan pendinginan untuk merelaksasikan otot, saraf dan sendi yang tegang saat berolahraga, selain itu pendinginan juga penting untuk menormalkan kembali denyut jantung. Jika setelah berlari Anda langsung istirahat tidur atau malah terlalu banyak duduk diam. Ini malah akan membuat tubuh menjadi kaku dan linu.

4. Langsung Makan

Jika setelah berolahraga dan Anda merasa lapar, itu merupakan hal yang wajar. Namun, makan setelah berlari atau berolahraga sangat tidak dianjurkan. Tujuan orang berlari adalah membuang kalori yang ada dalam tubuh. Tetapi bagaimana jika setelah berlari langsung makan secara berlebihan?

Tentu saja kalori yang dengan susah payah dibuang, akan tergantikan oleh yang baru. Terutama makan makanan yang berlemak setelah berlari. Kegiatan itu malah akan membuat gumpalan lemak yang dengan susah payah dihilangkan akan tergantikan gumpalan lemak yang baru.

5. Duduk sambil Melipat Kaki

Hal yang sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan setelah berlari adalah duduk sambil melipat kaki. Berlari memang olahraga yang cukup menguras tenaga. Namun, jangan biasakan melipat kaki setelah berlari. Mengapa tidak boleh?

Beberapa fakta dan riset yang telah diamati membuktikan. Bahwa kegiatan duduk dan melipat kaki menyebabkan atropi pada otot. Akibat yang ditimbulkan adalah muncul penyakit varises pada kaki. Varises memang tidak menimbulkan penyakit yang serius namun varises bisa merusak keindahan kaki Anda.

6. Tidak Tidur Setelah Berlari

Saat berolahraga, energi terkuras habis. Akibatnya timbul rasa lelah akibat berolahraga. Jika merasa lelah berolahraga segeralah tidur. Tidur berfungsi untuk memulihkan kondisi tubuh, membuat otot tubuh lebih kuat dan membuat badan lebih bugar.

Beberapa hal di atas merupakan hal yang tidak boleh diabaikan setelah berolahraga. Sayangi dan cintai tubuh Anda. Jangan sampai berolahraga malah akan membuat tubuh menjadi lemah.