Jangan Khawatir Kulit Kering Saat Puasa, Ikuti Beberapa Tips Ini!

24

Nggak kerasa ya sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadhan. Gimana persiapan untuk puasa kalian? Semoga berjalan dengan baik ya. Selama kalian puasa, apakah kalian merasakan kulit lebih kering dari biasanya? Jika iya, itu adalah hal yang wajar ya. Sebab, saat kita puasa tubuh kekurangan cairan sehingga kulit kita menjadi kering.

Ditambah lagi cuacanya yang sangat panas saat bulan puasa ini. Jika kulit kering dan kusam pasti membuat kalian tidak nyaman dan membuat penampilanmu kurang menarik. Tapi jangan khawatir, hal itu bisa dicegah dengan beberapa tips agar kulit kita tetap lembap meski sedang menjalani puasa.

1.Konsumsi air putih secara rutin.

BabyCenter.com

Jangan salah tanggap ya dorisian minum air putih nya dimalam hari sesudah berbuka puasa sampai sahur, jangan saat puasa ( nanti batal loh). Minum sebanyak 8 gelas air putih pada saat- saat itu secara berkala. Jangan diminum sekaligus, sebab bisa membuat perut kita kembung dan tidak nyaman.

Rutin meminum air putih ini berguna agar kita memiliki cadangan cairan sebelum kita berpuasa di pagi harinya. Sehingga kita tidak perlu khawatir akan mengalami kulit kering akibat dehidrasi.

2. Hindari minuman berkafein , soda dan susu

Sesungguhnya minuman terbaik adalah air putih, karena air putih memiliki sifat yang mudah diserap oleh tubuh. Jika kita terlalu banyak mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi, akan berdampak negatif pada kulit kita, karena kandungan kafeinnya dapat menyerap mineral yang ada didalam tubuh kita.

Selain itu, susu pun dapat menyebabkan jerawat pada kulit kita yang nantinya pasti akan mempengaruhi keadaan kulit. Fakta mengatakan bahwa soda hanya mampu diserap oleh tubuh sebesar 20-30%, sedangkan jus buah mampu diserap hingga 50-60%.

3. Hindari aktifitas diluar ruangan

alair.com

Hindari aktifitas diluar ruangan, karena hal tersebut dapat memperburuk keadaan kulitmu. Cuaca yang terlalu panas akan membuat kulit mu kering dan kusam. Jika pekerjaan mu menuntut untuk melakukan kegiatan di luar ruangan, sebisa mungkin menghindari teriknya matahari.

Dan juga jangan lupa untuk mengoleskan tabir Surya sebelum beraktivitas. Bila perlu kita bisa menggunakan payung atau topi untuk menghindari paparan matahari langsung.

4. Konsumsi makanan sehat saat sahur dan berbuka

Kesekolah.com

Apa yang kita makan saat sahur dan berbuka memang sangat menentukan kesehatan kita selama berpuasa. Apa yang kita makan tentu saja harus yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh kita. Jika tubuh kita sehat kulit kita pun tidak akan bermasalah.

Jika ingin menjaga kulit kita selama berpuasa, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C, A dan E. Jangan terlalu makanakanan yang banyak mengandung minyak. Kita bisa menggantinya dengan sayur-sayuran.

5. Lakukan ritual skincare

Tribunnews.com

Tidak hanya perawatan dari dalam, perawatan dari luar juga penting untuk mengatasi kulit kering saat puasa. Solusi berikutnya untuk mengatasi kulit kering saat puasa adalah dengan menggunakan moisturizer. Jika diperlukan ulangi penggunaan moisturizer di siang hari setiap 3 atau 4 jam sekali.

Pilihan lainnya perawatan kulit kering saat puasa adalah mengulang menggunakan facial mist atau toner di siang hari. Jangan lupa juga untuk memakai lipblam sebelum mengaplikasikan lipstik mu.

Nah itu dia dorisian beberapa tips untuk menghindari kulit kering saat berpuasa nanti. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian.