Jangan Cepat Menyerah Terhadap Pekerjaan! 5 Tips Ini Patut Anda Coba

32
unsplash.com/Sydney Sims

Memiliki pekerjaan yang disukai tidak menjamin Anda akan selalu menikmatinya. Adakalanya Anda berada pada titik terbawah. Ketika pekerjaan sudah menumpuk dan Anda kewalahan untuk mengerjakannya. Kondisi seperti ini dapat memberi tekanan yang besar terhadap pikiran dan Anda menjadi stress jika terus berlarut-larut. Bahkan bisa jadi di pikiran Anda terbersit keinginan untuk menyerah. Jangan menyerah secepat itu. Simak beberapa tips yang patut dicoba ketika Anda merasa kewalahan terhadap pekerjaan.

1. Tenangkan pikiran dan atur ulang pekerjaan

Hal pertama yang patut Anda coba adalah menenangkan pikiran. Cobalah berdiam sejenak. Tarik napas dalam-dalam dan hembuskan. Lakukan beberapa saat hingga perasaan Anda mulai tenang. Setelah itu cobalah untuk mengatur pekerjaan Anda kembali. Anda bisa mulai mengurutkan pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Cara ini akan membantu Anda memetakan pekerjaan yang telah bertumpuk. Dengan begitu Anda bisa lebih fokus menyelesaikannya. Pekerjaan yang bertumpuk memang terasa sangat membebani. Namun, jika dibagi ke dalam beberapa kelompok, tentu akan terasa lebih ringan.

2. Hiruplah udara segar di luar kantor

Pekerjaan yang menumpuk juga memiliki dampak besar terhadap pikiran dan perasaan. Ketika pekerjaan menumpuk dan Anda merasa sudah berada pada titik krisis, segalanya akan menjadi kacau. Anda mulai tidak bisa berpikir jernih. Bahkan ruang kerja dan kantor akan terasa menghimpit Anda dari segala sisi. Terlebih lagi jika Anda tidak sengaja bertemu atasan. Pada situasi seperti itu ada baiknya Anda keluar dari kantor. Anda bisa ke taman atau kafe. Paling tidak untuk menghirup udara segar. Kalau mau Anda juga bisa sekalian membawa pekerjaan dan menyelesaikannya di luar. Barangkali Anda sebenarnya hanya butuh suasana baru.

3. Diskusikan dengan atasan

Mengutarakan kondisi Anda kepada atasan mungkin terasa sedikit berat. Bahkan bisa jadi justru menambah beban Anda. Namun, terkadang cara paling sulit merupakan jalan keluar terbaik. Lagipula tidak ada salahnya Anda berdiskusi dengan atasan. Setidaknya setelah mendiskusikan permasalahan kerja Anda dengan atasan bisa sedikit memberi perasaan lega. Selain itu dengan bersikap terbuka terhadap atasan, memungkinkan atasan Anda memberi saran terkait problema yang Anda hadapi.

4. Berbicara dan meminta saran dari rekan kerja

Kalau ada orang yang paling mengerti posisi Anda, sudah pasti itu adalah rekan kerja. Karena rekan kerja Anda pasti juga pernah berada pada situasi yang sama. Tertekan oleh pekerjaan. Oleh sebab itu Anda bisa meminta saran dari mereka. Satu-satunya kendala yang mungkin membuat Anda ragu meminta saran dari rekan kerja adalah rasa gengsi atau memang tidak akrab. Namun tidak ada salahnya mencoba. Sekadar berbicara dan mengungkapkan kesah Anda juga sudah lumayan. Setidaknya bisa membantu melegakan perasaan Anda sedikit. Dan kalaupun rekan kerja Anda memberi saran itu bisa menjadi nilai lebih.

5. Istirahat dengan baik

Bisa jadi Anda tidak sanggup menyelesaikan pekerjaan dengan baik karena kelelahan. Anda terlalu memforsir tenaga untuk mengerjakan semuanya sekaligus. Padahal tanpa Anda sadari memaksakan diri justru bisa memperlambat pekerjaan Anda selesai. Kelelahan juga menghilangkan konsentrasi Anda, sehingga Anda kesulitan mengontrol pekerjaan. Berhentilah memaksakan diri. Bagaimanapun tubuh dan pikiran Anda juga perlu istirahat. Tanpa istirahat bagaimana Anda bisa bekerja dengan baik?

Itulah beberapa tips yang patut Anda coba saat kewalahan menghadapi pekerjaan yang menumpuk. Jangan langsung menyerah begitu saja. Tanamkan juga dalam pikiran Anda bahwa semuanya pasti akan berlalu selama Anda terus berusaha dan mau menghadapinya. Selamat mencoba!