Istimewa! 4 Lagu Banda Neira Ini Aslinya adalah Puisi, Apa Saja?

99

Meski telah bubar, nyatanya Banda Neira masih memiliki fans pendengar lagu setianya. Selain itu, Banda Neira juga hanya mengeluarkan dua album yang digarap oleh Ananda Bedudu. Ia berhasil menciptakan, menulis lirik dan mengara semenkan musik menjadi sesuatu yang indah. Apalagi katanya ada 4 lagu Banda Neira yang diambil dari puisi asli karya terkenal. Apa aja sih? Yuk dimak artikel berikut ini!

1. Mawar

Mawar merupakan salah satu lagu dari album pertama Banda Neira. Lagu ini diambil dari musikalisasi puisi Wiji Tukul. Alasan dibuatnya lagu ini yaitu dengan tujuan dipersembahkan pada Wiji Tukul yang merupakan aktivis reformasi 1998. Kabarnya, Wiji Tukul hingga kini tidak diketahui kabarnya. Apakah ia masih hidup atau tidak.

2. Derai-Derai Cemara

Sesuai dengan judulnya, lagu ini memang didapatkan dari puisi Chairil Anwar yang berjudul Derai-Derai Cemara. Ia memang merupakan sastrawan yang sangat terkenal di Indonesia. Bahkan ia pun dekat dengan Bung Karno, dan tokoh-tokoh revolusi lainnya.

3. Sebagai Kawan

Kenal dengan Khalil Gibran? Yak jika kamu kenal, dia memang penulis puisi dari lagu sebagai kawan yanh dinganyikan Banda Neira. Ia merupakan penyair terkenal asal Libanon dan Amerika. Gubahan puisinya sangat terkenal sekali di Indonesia.

4. Rindu

Tahu dengan yang namanya Dian Sastrowidjoyo? Ya! Dia bukannya penulis puiso yang diambil oleh Banda Neira. Tetapi Dian adalah cucu dari Subagio Sastrowidjoyo. Kakek artis terkenal ini ternyata merupakan seorang dosen, kritikus, penulis cerpen, puisi, dan lain-lain. Ia juga pernah menjabat menjadi direktur balai pustaka.

Nah, itulah 4 lagu yang diambil dari puisi-puisi terkenal di Indonesia. Semoha bermanfaat 🙂