Investasi Emas dan Deposito, Mana yang Lebih Untung?

24

Investasi adalah salah satu upaya untuk menyelamatkan dana sebagai persiapan masa depan. Beberapa cara dilakukan untuk mendapatkan investasi yang layak dilakoni dengan ketentuan pasti yaitu keuntungan yang jelas. Beberapa jenis investasi yang sangat menguntungkan pada umumnya adalah emas dan deposito. Kedua jenis investasi ini dapat dilakukan dengan pembukaan rekening khusus atau mengikuti program yang disediakan khusus bagi para penyedia jasa investasi.

Diantara kedua jenis investasi tersebut, manakah investasi yang lebih menguntungkan? Sebelum membahas mengenai keuntungan investasi, marilah mengenal terlebih dahulu mengenai apa itu investasi emas dan deposito serta segala hal yang meliputi keperluan investasi tersebut. Berikut adalah penjelasan mengenai investasi emas dan deposito beserta kajian untung-ruginya.

  1. Mengenal Investasi Emas dan Deposito.

Sebelum menentukan manakah investasi yang tepat untuk dijalani, ada baiknya Anda untuk mengetahui dan mengenal jenis investasi emas maupun deposito. Beberapa jenis investasi emas diantaranya adalah jenis kepemilikan emas dalam produk emas batangan, trading, dan perdagangan online. Sedangkan jenis deposito pada umumnya dilakukan dalam deposito on call dan deposito berjangka. Kedua jenis deposito tersebut dibedakan berdasarkan waktu berlangsungnya investasi.

2. Karakteristik Investasi Emas dan Deposito

Karakteristik investasi emas dan deposito dapat dinilai dari syarat dan keuntungan yang diperoleh, seperti halnya pertimbangan nilai imbal balik investasi emas yang dapat dinilai dari harga emas dunia, sistem kepemilikan emas dan ketetapan nilainya, memberlakukan investasi emas dengan menerapkan trading emas, dan pertimbangan melakukan investasi online sebagai pencegahan resiko inflasi.

Layaknya emas, deposito juga memiliki karakteristik dimana deposito tidak memberlakukan waktu khusus penarikan keuntungan investasi, jumlah dana yang diinvestasikan memiliki suku bunga yang tinggi, fleksibel dan tidak terikat dengan waktu. Dan yang terpenting adalah investasi dengan deposito dapat dijadikan sebagai dana darurat yang mampu menutup kemungkinan keterbatasan dana.

3. Resiko Investasi Emas dan Deposito.

Resiko investasi emas ataupun deposito dapat dilihat dari segi likuiditas hingga kajian terhadap resiko tersebut. Terkait alasan mengapa orang-orang memilih untuk berinvestasi hanyalah demi kematangan dan persiapan masa depan. Dalam berinvestasi pun, setiap orang sudah harus bersiap untuk segala kemungkinan yang akan terjadi. Pada umumnya, orang-orang melirik emas sebagai jenis investasi yang tepat dikarenakan emas memiliki bentuk yang indah, nilai yang terus naik berdasarkan standar perekonomian dunia, dan harganya juga stabil. Sehingga, resiko kerugian pun dapat diminimalisir dengan baik. Berbeda halnya dengan deposito yang memiliki segala ketentuan tertulis terkait aturan berinvestasi. Deposito menerapkan aturan mengenai pengambilan dana dimana hal tersebut bertujuan agar nasabah memahami dan sadar betul aturan deposito hingga pencairan dana.

Beberapa resiko terkait investasi emas dan deposito pada umumnya adalah nilai emas yang cenderung berbeda setiap menitnya membuat harga deposito emas tidak karuan. Jika Anda mampu membaca situasi tersebut dengan baik, Anda dapat melakukan investasi jenis ini. Untuk resiko yang ditimbulkan oleh investasi deposito, biasanya terkait akan jenis investasi deposito apa yang lebih aman.

Nah, itulah ulasan singkat mengenai investasi emas dan deposito. Urusan mana deposito yang paling menguntungkan dapat dikembalikan kepada waktu yang ditentukan dalam menjalani investasi atau kebutuhan investasi tersebut. Perlu diingat bahwa setiap investasi sudah pasti memberikan dua kemungkinan. Namun, pilihan tersebut akan dikembalikan lagi kepada pelaku investasi. Selamat berinvestasi dan jadilah investor yang cerdas dan jeli melihat berbagai peluang.