Intip Inovasi Terbaru Cina! Kini Telah Hadir Pemakaman Digital

6

Inovasi teknologi memang tidak ada habisnya. Berbagai macam kemajuan teknologi diaplikasikan dalam setiap aspek kehidupan untuk bisa semakin memudahkan segalanya. Hal inilah yang semakin digencarkan oleh pemerintah Cina.

Sebagai salah satu negara dengan perekonomian yang paling kuat di dunia, Cina berusaha untuk mengaplikasikan teknologi sebaik mungkin. Salah satu inovasi teknologi yang saat ini semakin banyak disukai adalah pemakaman digital. Pemakaman digital merupakan bentuk pengaplikasian teknologi dalam kehidupan sehari-hari yang bertujuan menjaga kelestarian lingkungan.

Pemakaman digital ini hadir dikarenakan semakin sempitnya lahan tanah di Cina yang mana luasnya tidak seimbang dengan jumlah penduduk yang semakin bertambah. Sempitnya lahan membuat biaya pemakaman jadi semakin mahal. Misalnya saja untuk sebuah pemakaman di Tianshou, salah satu area pemakaman di pusat kota ini membutuhkan biaya sekitar 39 ribu hingga 300 ribu yuan atau 60 juta hingga 600 juta rupiah. Sedangkan untuk pemakaman di Beijing membutuhkan biaya sekitar 200 juta rupiah.

Harga yang begitu tinggi ini tentu sangat menyulitkan masyarakat untuk menguburkan sanak keluarganya. Hal inilah yang membuat pemerintah Cina mencari solusi terbaiknya dengan membuka pemakaman digital. Dan ternyata ide yang brilian ini diterima dengan baik oleh masyarakat.

Pemakaman digital mampu menampung jauh lebih banyak guci dibandingkan dengan pemakaman biasa. Jika pada area pemakaman biasa hanya bisa menampung sekitar 500 hingga 600 guci, maka di pemakaman digital mampu menampung hingga 2000 guci sekaligus. Uniknya, meskipun diletakkan di dalam guci, abu atau tulang yang ada di dalamnya akan dapat hancur oleh tanah sehingga tanah akan selalu dapat diisi dengan guci yang baru.

Selain itu, pemakaman digital juga tidak membutuhkan nisan atau penanda makam. Inilah keunikan dari pemakaman digital. Para peziarah hanya cukup melakukan scan barcode yang terletak pada pohon atau benda lain yang berada dekat pemakaman keluarga kemudian mereka akan dapat melihat daftar nama orang yang dimakamkan di tempat tersebut.

Tak hanya itu saja, para peziarah juga tidak perlu membawa lilin atau bunga karena kini mereka bisa menyalakan lilin digital dan bunga digital. Menurut Direktur Pemasaran Pemakaman Tianshou, pemakaman digital seperti ini diharapkan mampu mempermudah para keluarga dalam melakukan pemakaman dan meringankan beban biaya yang harus dikeluarkan.

Meskipun begitu yakin pada kemajuan inovasi pemakaman ini, namun tak sedikit pula yang kontra dengan ide ini karena dianggap melecehkan atau menganggap remeh mereka yang sudah meninggal. Nilai adat dan tradisi pun terkikis karena keinginan membuat segalanya jadi mudah.