Intip 5 Cara Menata Bunga Diteras Rumah Dengan Mudah

168

Memiliki sebuah rumah pasti selalu diiringi keinginan untuk selalu membuatnya indah, salah satunya dengan membangun taman diteras rumah. Adanya taman diteras rumah, selain memperindah juga membuat suasana adem karena banyaknya tanaman bunga. Mungkin bagi beberapa orang abai terhadap estetika pembuatan taman atau penataan bunga.

Namun, tahukah kamu jika penataan bunga yang berantakan diteras rumah malah membuat kesan yang tidak nyaman? Bisa-bisa bukannya betah malah merasa bosan berada diteras karena taman yang tidak menarik. Berikut akan diulas trik menata bunga diteras rumah dengan mudah supaya menarik. Simak baik-baik ya!

  1. Siapkan Pot Bunga yang Menarik

Ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan ketika hendak memberi hiasan tanaman diteras rumah. Pertama adalah jenis pot bunga yang dipakai. Nah, untuk pot bunga yang harus dibeli pun juga harus menyesuaikan ukuran atau luas teras rumah. Jika teras rumahmu termasuk luas, maka siapkan pot bunga yang besar.

Sebaliknya, jika teras rumahmu sempit, sebaiknya siapkan pot bunga yang kecil. Tak hanya ukuran pot, jenis tanaman bunga pun juga harus disesuaikan. Untuk teras yang luas, sebaiknya pilih tanaman yang sedang, begitupula jika ukuran teras sempit, sebaiknya pilih tanaman yang kecil.

2. Jangan Berlebihan dalam Meletakkan Tanaman Bunga

Kadang sebagian orang berpikir jika suasana teras rumah akan semakin indah ketika jumlah tanaman yang dipajang juga semakin banyak. Namun, tahukah kamu jika yang terjadi sebenarnya adalah sebaliknya? Ya, banyaknya tanaman diteras malah akan membuat kesan halamanmu seperti hutan. Sebaiknya siapkan jumlah tanaman yang secukupnya saja dan tidak menutupi bagian  jendela atau pintu rumah.

3. Manfaatkan Teras Bagian Atas

Ternyata tak hanya teras bagian bawah saja yang bisa kamu jadikan tempat peletakan tanaman bunga. Ya, manfaatkan teras bagian atas untuk menggantungkan beberapa jenis tanaman gantung. Paling tidak, hal itu bisa mempercantik halaman rumahmu dari sisi atas. Hal ini bisa kamu lakukan ketika ukuran terasmu tergolong luas dan pastikan jika ukuran tanaman gantung tersebut kecil.

4. Atur Peletakan Pot

Setelah menentukan jenis tanaman dan pot yang hendak dipasang diteras, selanjutnya carilah posisi yang tepat untuk peletakannya. Sudut teras jadi tempat yang tepat untuk pot bunga. Pilihlah pot yang besar dan ukuran bunga yang sedang untuk posisi tersebut.  Begitupula pada bagian lain yang perlu sentuhan keindahan seperti dekat pagar rumah.

5. Gunakan Mantel Pot yang Tepat

Ternyata penggunaan mantel pot ini juga tak kalah penting untuk menjaga agar pot bunga tetap terjaga kebersihannya. Tak hanya itu, adanya lumut juga tidak akan kelihatan. Perhatikan ukuran pot dengan mantelnya. Untuk ukuran pot yang kecil sebaiknya pilihlah ukuran mantel yang sedikit lebih besar.

Nah itulah cara penataan bunga diteras rumah supaya halamanmu jadi lebih indah dan menarik. Selamat mencoba!