International Friendship Day, Inilah Caranya Agar Persahabatan Tetap Manis

24

Sejak beberapa tahun belakangan ini, hari persahabatan mulai dirayakan di seluruh dunia. Tanggal 30 Juli setiap tahun, akan dirayakan sebagai hari persahabatan. Seperti hari ini. Banyak yang memposting foto di akun media sosial mereka, foto-foto bersama teman atau sahabatnya, sembari mengunggah foto dengan caption persahabatan versi masing-masing. Dan beberapa akun berita juga komunitas memberikan ungguhan istimewa untuk hari ini.

Sahabat, yaa.. seseorang atau beberapa teman yang sangat dekat dengan kita. Mungkin melebihi saudara sendiri. Sering kali, orang-orang lebih senang meluahkan kegundahan dan kegembiraannya kepada para sahabatnya, dibandingkan harus curhat dan bercerita kepada keluarga sendiri, atau orangtua mereka.

Keberadaan sahabat sangat penting dalam kehidupan. Bahkan tak jarang, persahabatan lebih diutamakan ketimbang pasangan atau pacar. Bahkan tak jarang juga, jika sahabat adalah orang yang berbeda gender, malah dunia persahabatan itu akan berbuah percintaan. Seperti yang anak muda sekarang katakana, “Sahabat jadi Cinta”. Ya, ini juga marak terjadi.

Dalam hal dunia persahabatan, tidaklah semulus dalam kisah khayalan. Secara realitanya, jalinan pertemanan dekat antara dua atau lebih orang, juga menghadapi lika likunya.

Tak hanya hubungan dengan pasangan saja yang membutuhkan kedewasaan dan penerimaan terhadap segala kelebihan dan memaklumi segala kekurangannya. Ketika bersahabat dengan seseorang, Anda juga harus dewasa dalam bersikap, bisa menerima semua kelebihan sahabat Anda, dan memaklumi setiap sisi kurang dari dirinya. Sebab, manusia tidak ada yang sempurna, termasuk sahabat Anda. Anda harus memaklumi itu.

Butuh komunikasi intens dalam menjalin hubungan persahabatan agar tetap awet. Berhasil dalam menjaga komunikasi dengan sahabat akan semakin mengeratkan lagi relationship antara Anda dan sahabat.

Kita mungkin akan menemuka beberapa dari diri sahabat kita, hal-hal yang tidak kita sukai. Atau malah mungkin pernah terjadi konflik, perselisihan dan perbedaan pendapat yang memanas. Masing-masing bertahan dengan argumenya sendiri. Anda dengan pemikiran Anda, sahabat Anda pun demikian. Ya, sekali lagi, itu biasa terjadi. Kita bukan manusia sempurna, yang akan bisa menerima setiap hal. terkadang, gesekan kecil seperti itu diperlukan. Dari situlah, kita bisa melihat kekuatan persahabatan yang sudah dijalin sekian lama.

Seringlah hang out bareng dengan sahabat Anda. Jika Anda bekerja, setidaknya, dalam waktu satu bulan, pergilah sesekali untuk sekedar makan siang bersama sahabat Anda, atau bertamu ke rumahnya, atau ‘cuci mata’ di mall, ke pantai, hiking, atau yang lainnya. Ini berguna untuk menjaga hubungan persahabatan tetap awet. So, Happy International Friendship Day!!