Inilah!10 Minuman Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

83

 

Penyakit jantung atau dalam ilmu medis dikenal sebagai kardiovaskular adalah penyakit yang terjadi karena adanya penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung, nyeri dada, dan stroke.

Penyebab penyakit jantung bisa disebabkan oleh faktor keturunan, pola makan yang tidak sehat, serta kurang olahraga. Penyakit jantung harus bisa menjaga pola makan yang sehat dan menghindari makanan yang berlemak dan berminyak serta tidak boleh mengkonsumsi minuman yang dapat mengancam kesehatan jantung.

Namun bagi penderita sakit jantung, ada beberapa minuman yang sehat dan dibolehkan dikonsumsi. Berikut ini 10 minuman sehat bagi penderita jantung:

  1. Kopi
    Kebanyakan orang pasti menyukai kopi. Rasa dan sensasi kopi begitu nikmat diminum ketika saat santai. Tahukah Anda bahwa kopi memiliki kandungan antioksidan lebih tinggi ketimbang kakao atau teh? Apabila kopi dikonsumsi  dalam takaran yang tepat mampu menghambat peradangan dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
  1. Jus Delima
    Betapa tidak, para pakar dari University of California menemukan bahwa, kapasitas Jus delima sangat baik dan menyehatkan bagi penderita sakit jantung. Mengandung antioksidan tiga kali lipat lebih tinggi daripada anggur merah dan teh hijau mampu menurunkan kolesterol, mengurangi plak arteri (faktor risiko untuk penyakit jantung), dan meningkatkan aliran darah ke jantung.
  1. Anggur Merah (red wine)
    Anggur merah ternyata boleh dikonsumsi oleh penderita sakit jantung. Hal itu karena kandungan senyawa dalam anggur merah yang dapat melindungi kesehatan jantung. Salah satunya kandungan senyawa resveratrol  yang memiliki sifat antioksidan yang mampu melindungi pembuluh darah di jantung serta membantu mencegah pembentukan penggumpalan darah.
  1. Teh Hitam
    Tentu kedengarannya cukup asing ditelinga, yakni teh hitam. Teh hitam adalah teh yang dihasilkan melalui proses fermentasi setelah daun dipanen lalu dikeringkan. Kandungan antioksidan dalam teh hitam yang sangat tinggi yang mampu ,mengurangi risiko stroke, mengurangi kolesterol jahat serta meningkatkan aliran darah dalam arteri koroner.
  1. Teh Hijau
    Sama halnya dengan teh hitam, kandungan antioksidan dalam teh hijau juga sangat baik untuk jantung. Perbedaan teh hijau dengan teh hitam adalah bahwa teh hijau tidak difermentasi.
  1. Air
    Kekurangan cairan yang menyebabkan seseorang dehidrasi ternyata  dapat berkontribusi pada beberapa faktor risiko untuk penyakit jantung koroner, termasuk darah kental.  Saat Anda  mengalami dehidrasi, akan terjadi pengentalan darah.  Kondisi tersebut membuat organ hati Anda bekerja keras dalam mengeluarkan lebih banyak energi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, konsumsilah air putih dengan cukup, yakni 8 gelas sehari atau lebih tergantung kebutuhan tubuh.
  1. Jus Jeruk
    Jeruk adalah buah yang yang mengandung vitamin C. Jeruk memiliki manfaat untuk daya tahan tubuh. Namun, kandungan pektin dalam jeruk mampu menetralkan protein galektin-3 yang bisa merusak sel-sel jaringan pada jantung.
  1. Madu
    Madu yang rasanya manis ternyata memiliki khasiat bagi penderita sakit jantung. Madu sangat baik diminum oleh penderita sakit jantung karena rasa manis alami dalam madu mampu mengurangi kadar kolesterol  dalam tubuh serta menjaga kesehatan jantung.
  1. Jus Alpukat
    Jus Alpukat sangat baik sekali bagi penderita sakit jantung. Meskipun alpukat kaya akan lemak, namun lemak tak jenuh tunggal pada alpukat mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.
  1. Susu Kedelai
    Bagi penderita sakit jantung, meminum susu sapi tentu sangat tidak dianjurkan. Namun, untuk meminum susu kedelai tentu tidak masalah. Kandungan asam amino dan isoflavone dalam susu kedelai mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Nah, itulah 10 minuman sehat bagi penderita sakit jantung. Tentu 10 minuman sehat untuk jantung yang telah dijelaskan di atas tidak hanya bagi penderita sakit jantung saja, namun untuk kita semua dalam menjaga kesehatan jantung sejak dini.