Inilah Teknologi Paling Mutakhir untuk Mengatasi Gangguan pada Sistem Gerak

20

Teknologi saat ini bukan hanya perkembangan ponsel dan komputer saja, tapi juga beberapa teknologi yang digunakan dalam bidang kesehatan. Salah satunya adalah teknologi yang mampu mengatasi masalah pada sistem gerak tubuh.

Teknologi ini sangat berguna dalam membantu memperbaiki atau mempercepat proses penyembuhan. Berikut ini adalah beberapa teknologi yang digunakan dalam mengatasi gangguan pada sistem gerak :

1. Penyembuhan kanker tulang

Dalam proses penyembuhan kanker tulang, diperlukan beberapa metode penyembuhan khusus. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Kemoterapi : teknologi kemoterapi biasanya menggunakan obat-obatan khusus yang sangat kuat yang ditujukan untuk membunuh sel kanker. Namun sayangnya teknologi juga sering kali ikut mematikan sel normal lainnya sehingga pasien akan mengalami rasa mual, muntah, pusing, bahkan kerontokan rambut.
  • Radioterapi : teknologi yang digunakan dalam radioterapi adalah teknologi yang menggunakan sinar X, sinar radioaktif, sinar y atau gamma. 
  • Pembedahan : kanker tulang juga akan ditangani dengan melakukan pembedahan untuk mengantisipasi penyebaran sel kanker ke organ lainnya.
  • Amputasi : tulang yang telah digerogoti oleh sel kanker dan rusak parah akan diamputasi untuk mencegah menjalarnya pengeroposan. Metode ini sering disebut juga limb ablation.
  • Metode limb savage : metode ini digunakan dalam hampir semua pengobatan kanker tulang. Limb savage adalah menyambungkan tulang yang terkena tumor ganas dengan tulang dari pasien lain yang telah meninggal dengan mematikan sel kankernya terlebih dahulu.

2. Penggantian sendi

Sendi yang telah rusak menyebabkan sulit untuk bergerak sehingga perlu dilakukan penggantian sendi. Penggantian sendi dilakukan dengan menggunakan sendi buatan yang terbuat dari titanium atau logam campuran lainnya. 

3. Penanggulangan kaki letter O

Kaki yang memiliki bentuk O biasanya diatasi dengan menggunakan sepatu khusus. Sepatu khusus ini biasanya digunakan secara rutin hingga bentuk kaki menjadi normal kembali.

4. Penanganan Skoliosis kongenital

Skoliosis kongenitalis adalah suatu kelainan tulang belakang yang terjadi pada bayi yang baru lahir. Kelainan ini biasanya terjadi akibat adanya gangguan saat pembentukan sumsum tulang belakang.

Bayi yang telah diketahui mengidap kelainan ini akan langsung diberikan brace atau penyangga hingga tulang belakang bisa tumbuh dengan normal. Jika sudah terlanjur parah, maka biasanya akan dilakukan pembedahan untuk memperbaikinya.

5. Penyembuhan patah tulang 

Patah tulang bisa terjadi pada siapa saja. Adapun penanganannya yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Gips : tulang yang patah dibungkus dengan bahan kapur agar tetap kokoh selama masa penyembuhan.
  • Pembidaian : benda yang keras diletakkan di sekeliling tulang yang patah lalu digantungkan pada bahu.
  • Pembedahan internal : memasukkan batang logam sebagai penopang pada tulang yang patah.

Itulah 5 teknologi yang digunakan dalam mengatasi gangguan pada sistem gerak. Demikianlah artikel yang singkat ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.