Inilah Seni Tradisional yang Kembali Lagi

21

Lhokseumawe, 2/2/2019 Ara Hanyot kembali menampilkan seni teater tradisional asli Aceh yang bernama Tv Eng Ong kali ini di acara Saweu Gampong yang bertemakan ” membangkitkan jiwa teater melalui silaturahmi “.

Yang di ramaikan oleh komunitas teater ternama di Lhokseumawe dan Aceh Utara seperti Seuramoe Teater Aceh,Komunitas Sagoe Teater,UKM seni dan Budaya Murah Silue, Phoenna Panggoaran. Ara Hanyot ingin menunjukkan kalau teater tradisional Tv Eng Ong ini memiliki pesan moral dan nilai pendidikan untuk anak-anak dan bisa juga mendekatkan tali persaudaraan.

Para penikmat seni teater tradisional sangat antusias terhadap Ara Hanyot yang telah berhasil menampilkan seni teater tradisional Tv Eng Ong hampir tidak ada yang mementaskan lagi di zaman sekarang dan para penikmat seni teater tradisional mengharapkan supaya ada juga komunitas teater yang lain bisa melestarikan seni tradisional Tv Eng Ong dan dapat memperkenalkan kepada anak muda zaman sekarang.

Jamaluddin ketua HIMASA dan sekaligus sutradara dari Ara Hanyot mengatakan “kami dari Ara Hanyot ingin kalau seni teater tradisional Tv Eng Ong dapat di kenal lagi di masa sekarang pada masanya Tv Eng Ong sampai di kenal ke mancanegara kami ingin mengembalikan lagi masa kejayaan Tv Eng Ong dan dapat melestarikan seni teater tradisional asli Aceh ini” (Lhokseumawe,2/2/2019).

Ketua teater Ara Hanyot Safriana juga menambahkan kami ini menunjukkan bahwa seni teater tradisional ini memiliki pesan moral,nilai pendidikan, yang terpenting dapat memperatkan tali persaudaraan ” (Lhokseumawe,2/2/2019).