Inilah Penyebab Kampas Kopling Mobil Cepat Habis

151

Kopling merupakan salah satu komponen penting dalam mobil yang berfungsi untuk memutus dan menyambungkan tenaga putar dari mesin ke transmisi. Kopling berperan penting untuk memudahkan pengemudi melakukan proses perpindahan gigi dan mengubah laju kendaraan.

Kopling terdiri dari beberapa komponen, salah satunya adalah kampas  kopling. Dalam kopling, kampas kopling ini yang paling bekerja dengan berat. Kampas kopling terdapat di antara Clutch Cover dan Fly Wheel yang sepenuhnya akan menyalurkan tenaga mesin ke transmisi.

Pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai apa penyebab kampas kopling cepat habis.

Pentingnya anda dalam mengganti kampas kopling apabila anda merasa kampas kopling anda memang harus diganti. Tapi, kapan waktu yang tepat untuk mengganti kampas kopling? Berikut penjelasannya.

  • Apabila dalam perjalanan anda merasa ada bau tidak sedap dari mesin, seperti bau karet terbakar. Hal ini menandakan anda harus segera mengganti kampas kopling anda.
  • Apabila ada pergerakan akselerasi yang lemah saat menginjak pedal gas.
  • Apabila pedal kopling terasa tinggi.
  • Apabila dalam mengemudi anda sulit saat mengoper gigi di saat mesin sedang panas.
  • Apabila terdengar suara gemuruh saat menginjak kopling.

Setelah anda ketahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti kampas kopling, anda juga perlu ketahui apa saja penyebab kampas kopling cepat habis.

Umumnya, kampas kopling biasanya cepat habis diakibatkan oleh pemakaian dan kebiasaan dari si pengemudi yang buruk, yang menyebabkan kampas kopling menjadi cepat habis. Bahkan mungkin saja anda sering melakukan ini tanpa anda sadari yang berimbas pada kampas kopling anda menjadi cepat habis. Lantas apa penyebab kampas kopling cepat habis? Berikut penjelasannya.

  • Kopling Gantung

Kopling gantung adalah salah satu kebiasaan yang mungkin tanpa disadari sering dilakukan oleh si pengemudi. Kopling gantung terjadi apabila pengemudi meletakkan kakinya di atas pedal kopling saat sedang tidak digunakan. Hal ini akan menyebabkan terjadinya tekanan pada kopling sedikit demi sedikit.

  • Kopling Galak

Kopling galak biasanya merupakan kebiasaan sering digunakan oleh pengemudi. Kopling galak artinya apabila si pengemudi menginjak pedal kopling secara penuh sehingga membuat tekanan kopling anda menjadi cepat dan berakibat kopling anda menjadi cepat aus.

  • Setengah Kopling

Setengah kopling terjadi apabila pengemudi menahan setengah kopling saat sedang beradadi jalur menanjak. Kebiasaan ini tentu akan membuat permukaan kopling anda menipis. Untuk itu gunakan pedal kopling sewajarnya saja agar tidak menjadi cepat aus.

Itulah tadi pembahasan mengenai penyebab kamplas kopling cepat habis. Penting bagi anda mengetahui tanda-tanda kampas kopling anda harus segera di ganti. Penting juga bagi anda menghilangkan kebiasaan buruk saat mengemudi agar kampas kopling anda tidak cepat habis. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda sekalian.