Inilah Komentar Sunan Kalijaga Terkait Keputusan Salmafina Sunan Melepas Hijab

68

Keputusan putri pengacara Sunan Kalijaga, Salmafina Sunan untuk melepas hijabnya menjadi kabar yang ramai diberitakan media. Putri sulung Sunan Kalijaga tersebut memutuskan melepas hijabnya sejak Senin, 18 Februari 2019 kemarin.

Sebelumnya Alma, sapaan akrabnya, dikabarkan mengenakan hijab setelah kabar pernikahannya dengan seorang hafiz Al-Qur’an Taqy Malik. Mereka memutuskan menikah setelah menjalani prosesi ta’aruf. Namun rumah tangga keduanya hanya mampu bertahan selama dua bulan saja.

Ramainya media dan netizen yang membicarakan keputusan putrinya, Sunan Kalijaga pun akhirnya angkat bicara. Ia menyampaikan komentarnya melalui sebuah video singkat yang diunggah lewat instagram storynya di akun @sunankalijaga_sh. Ia menyampaikan bahwa sudah seharusnya setiap orang menghargai keputusan pribadi termasuk keputusan yang telah diambil putrinya. Sunan Kalijaga juga meminta netizen untuk mengurus hidupnya sendiri sebelum mengurusi kehidupan orang lain.

Sunan Kalijaga juga mengomentari perihal penyebab dulu Salmafina memutuskan untuk mengenakan hijab. Sebagian netizen berpendapat bahwa itu karena hubungan Salmafina dengan Taqy Malik. Namun, sang ayah membantah jika keputusan Alma dulu untuk berhijab bukan karena Taqy Malik karena putrinya tersebut sudah berhijab sebelum bertemu dengan mantan menantunya tersebut.

“Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Gue cuma mau kasih tahu ya buat yang belum tahu, bahwa anak gue itu memutuskan berhijab sebelum kenal sama si Shin Chan (sebutan Sunan Kalijaga untuk Taqy Malik). Jadi, bukan dia berhijab karena mau nikah sama si Shin Chan. Sudah jelas ya,” ungkap Sunan Kalijaga.

Keputusan Salmafina Sunan untuk kembali melepaskan hijab telah diungkapkannya sebelum benar-benar mengunggah potret tanpa hijab. Sebelumnya ia telah memberi tahu followersnya tentang keputusannya tersebut. Ia juga meminta maaf karena belum bisa menjaga apa yang dulu pernah ia putuskan. Alma mengaku bahwa ia gerah dengan komentar netizen yang selalu mempertanyakan menuntut tentang agama kepadanya.

Salma sempat menuliskan curahan hatinya perihal komentar netizen yang selalu menghujat di setiap unggahannya. Kini ia mengaku bahwa keputusannya untuk melepas hijab telah dipikirkannya dengan matang. Dan seperti dugaannya, dia mendapat banyak komentar negatif netizen. Hal itu membuatnya membatasi kolom komentar di beberapa unggahan tanpa hijab yang diposting di instagram pribadinya.