Inilah Keuntungan Berternak Kambing

39

Berternak adalah salah satu kegiatan pengembangbiakan atau pembesaran untuk hewan peliharaan, bisa jadi karena hobi tapi terkadang karena alasan ekonomi atau bisnis. Banyak jenis hewan yang bisa dipelihara, yang penting bukan merupakan hewan langka atau hewan yang dilindungi.

Berternak hewan bisa dibilang kegiatan yang tidak mudah namun menyenangkan. Tidak mudah karena kita harus melakukan perawatan secara teratur dan telaten, karena yang kita hadapi adalah makhluk hidup yang jelas-jelas membutuhkan suatu perlakuan tertentu, mulai dari pakannya, kebersihan kandangnya, membuang kotorannya hingga pengobatan saat hewan peliharaan sakit.

Menyenangkan ketika melihat peliharaan gemuk, sehat, beranak-pinak hingga terjual dengan harga mahal (jika berternak untuk keperluan ekonomi). Memelihara kambing adalah salah satu contoh kegiatan berternak yang ekonomis. Dibilang ekonomis karena harganya standar menengah kebawah.

Begitu pula pakannya, hanya dengan mengandalkan tenaga untuk mencari rumput atau dedaunan maka kebutuhan pakannya terpenuhi. Jika memiliki kebun atau ladang sendiri, cukup batas ladang/ kebunnya diberi pahar hidup untuk persediaan pakan, sebagai makanan selingan bisa kita berikan rumput liar yang tumbuh diladang.

Untuk menjualnyapun tidak harus menunggu hari raya qurban, karena sudah banyak restoran maupun depot yang menyediakan menu dasar kambing. selain itu terkadang banyak orang membeli kambing untuk keperluan selamatan (aqiqah).

Bagi yang masih bingung usaha apa, mungkin berternak kambing bisa jadi pertimbangan. Selain hanya butuh modal awal untuk membeli kambing dan membuat kandang, biay dan tenaga yang dikeluarkanpun tidak begitu berat.

Ayo semangat berwirausaha. Karena tak ada proses yang sulit jika dijalani dengan ikhlas dan sungguh-sungguh.