Inilah Kelebihan Mata Uang Emas Dibandingkan Uang Kertas

16

Uang yang kita gunakan saat ini adalah uang yang telah berubah dan disesuaikan dengan perkembangan jaman. Pada mulanya, pembayaran dilakukan dengan barter atau bertukar barang. Lalu kemudian muncullah uang emas sebagai alat bayar yang resmi bisa digunakan untuk membeli barang.

Meskipun saat ini mata uang emas sudah tergeser posisinya oleh mata uang kertas, namun sebenarnya mata uang emas memiliki kelebihan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan mata uang kertas. Berikut ini adalah beberapa kelebihan mata uang emas:

1. Kurs yang stabil

Mata uang emas memiliki kurs yang stabil di seluruh negara. Hal ini dikarenakan setiap negara akan memposisikan dan menyesuaikan nilai emas sebagai alat bayar sehingga kurs emas akan tetap stabil dimana pun emas tersebut digunakan. Berbeda dengan nilai mata uang kertas yang akan selalu berubah dan bahkan bisa disesuaikan dengan keinginan para elite.

2. Kestabilan moneter

Tidak seperti uang kertas yang bisa dicetak dalam jumlah besar dan dikendalikan oleh orang-orang tertentu, mata uang emas justru tetap berada dalam jumlah yang stabil di pasaran. Mata uang kertas yang dengan mudahnya beredar banyak di pasar akan menyebabkan inflasi yang mendadak sehingga moneter negara dapat tumbang hanya dalam waktu singkat.

3. Memenuhi permintaan pasar

Berapapun jumlah mata uang emas yang bereda di pasaran, baik banyak atau bahkan sedikit, tidak akan memberikan menurunkan atau menaikkan nilai emas tersebut. Namun berbeda dengan uang kertas yang jika jumlahnya sudah terlalu banyak di pasaran, maka nilainya akan anjlok. Hal inilah yang menyebabkan daya beli masyarakat menjadi berkurang karena nilai mata uang yang turun.

4. Emas dikelola di negara sendiri

Kelebihan lain dari emas adalah setiap negara akan mengelola emasnya masing-masing dan tidak akan ada emas yang keluar ke negara lain. Dengan begini, kekayaan negara akan menjadi milik negara sendiri bukan dimiliki oleh pihak asing yang mengeruk keuntungan dan membuat negara bangkrut.

5. Mudah melakukan transaksi dengan negara lain

Ketika mata uang emas digunakan di seluruh dunia, maka transaksi yang terjadi akan jauh lebih mudah karena tidak perlu melakukan penukaran mata uang sebagaimana yang dilakukan oleh uang kertas selama ini. Hal ini juga membuat mata uang tiap negara sama berharganya, berbeda dengan mata uang kertas yang sering kali menjatuhkan mata uang negara lain.

Itulah kelebihan dari mata uang emas dibandingkan dengan amata uang kertas. Meskipun memiliki banyak kelebihan, namun sayangnya uang kertas tetap menjadi alat bayar yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.