Inilah Jurusan Yang Terdapat Di SMA (Sekolah Menengah Atas).

20

Bagi para pelajar yang kini duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP) tingkat akhir, tentu sudah harus menentukan di sekolah mana ia untuk melanjutkan pendidikannya. Bagi sebagian pelajar, memilih SMA dibandingkan SMK, atau MA untuk melanjutkan pendidikannya.

Seperti pada sekolah lainnya, SMA atau sekolah menengah atas juga memiliki jurusan untuk muridnya. Jurusan ini biasanya nya dipilih dengan menyesuaikan bakat dan juga minat yang dimiliki. Dengan jurusan inilah bisa berdampak pada masa depan seseorang.

Jurusan Yang Terdapat Di SMA

Di SMA sendiri memiliki 3 jurusan yang berbeda. Meskipun berbeda-beda tetapi dari masing-masing jurusan tersebut memiliki keunggulan tersendiri. Berikut ini adalah jurusan yang terdapat di SMA beserta keunggulannya masing-masing.

1. Jurusan IBB

Jurusan IBB atau jurusan yang biasanya dipanggil dengan sebutan “bahasa”. Jurusan ini merupakan jurusan yang mempelajari ilmu budaya dan juga bahasa. bisa dibilang jurusan ini bisa mengembangkan minat kamu pada sastra. Meskipun masih belum banyak SMA yang terdapat jurusan ini, tetapi jurusan ini mempelajari keindahan dari seni dan juga budaya. Menarik bukan? Pelajaran peminatan yang ada di jurusan bahasa ini adalah sastra Inggris, sastra Indonesia, antropologi, dan juga bahasa asing.

2. Jurusan IPA

Jurusan IPA biasanya jurusan yang paling banyak diminati oleh siswa atau siswi sekolah. Meskipun begitu, tak jarang pula anak IPA yang merasa kepusingan dengan mata pelajaran di jurusan tersebut. Di jurusan IPA mempelajari tentang ilmu eksak yaitu bisa ilmiah dan juga gejala-gejala alam. Pelajaran peminatan yang terdapat di jurusan IPA diantaranya adalah biologi, fisika, kimia dan juga matematika minat

3. Jurusan IPS

Dan yang terakhir juga terdapat jurusan IPS di jurusan ini para siswa belajar tentang ilmu-ilmu sosial dan juga kemasyarakatan. pelajaran peminatan yang terdapat di jurusan IPS diantaranya ada ekonomi, geografi, sosiologi, dan juga sejarah minat.

Itulah ketiga jurusan yang terdapat di SMA. Setiap jurusan pasti memiliki keunggulan masing-masing. Pastikan kamu jangan sampai salah memilih jurusan. Pilihlah jurusan sesuai potensi, bakat dan minat kamu.