Inilah Jenis Makanan yang Menyebabkan BAB Kurang Lancar

18
susah BAB

Sering mengalami masalah pencernaan? Pernah mengalami sembelit? Pasti hampir semua orang pernah mengalami masalah perut yang satu ini. Bahkan karena saking sakitnya bisa di buat panik sendiri.

Padahal tahukah kamu? Bahwa salah satu penyebab sembelit adalah karena jenis makanan yang kita konsumsi dengan kadar yang berlebihan. Nah, siapa di sini yang sering makan  makanan sembarangan?

Penasaran kan, jenis makanan apa saja yang dapat memicu terjadinya sembelit sampai perut melilit? Nah silahkan simak artikel berikut sahabat dori:

  • Kebanyakan Minum Minuman Manis

Mungkin kebanyakan dari kita menganggap bahwa minuman manis dapat menyebabkan datangnya penyakit gula darah atau diabetes pada tubuh. Namun tidak hanya itu saja, minuman manis juga dapat menyebabkan perut sembelit. Minuman ini memberi dampak buruk pada organ pencernaan jika dikonsumsi berlebihan. Mulai dari radang usus, kanker usus maupun anus. Seram bukan?

Bahkan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari sering kita tidak sadar, mengonsumsi makanan manis secara berkala, mulai tes manis, nasi putih, ice cream dan camilan manis lainnya. Sebaiknya, untuk urusan yang satu ini segera di atur ya sahabat dori. Jangan sampai kesehatanmu dipertaruhkan karena pola makanmu yang tak terjaga.

  • Sering Mengonsumsi Makanan Cepat Saji

Jenis makanan saji sangat beragam dan sangat menggiurkan. Mulai dari harga yang murah dan pas di kantong sampai dengan harga selangit dengan mudah kita jumpai di sekitar tempat kerja, tempat tinggal maupun sekolah.

Namun sebaiknya hindari mengonsumsi secara berlebihan. Makanan fast food memang kurang bersahabat bagi kesehatan tubuh. Selain kita tidak tahu betul kandungan zat apa saja yang terkandung di dalamnya ternyata beberapa artikel studi kesehatan banyak yang menyatakan bahwa makanan ini dapat mengganggu kelancaran pencernaan.

  • Makanan Asin

Makanan asing memang terkesan gurih dan tidak menyebabkan mudah kenyang. Seringnya kita konsumsi jenis makanan ini saat sedang santai ataupun saat bekerja dan digunakan sebagai cemilan. Namun ternyata makanan asin selain menyebabkan darah tinggi juga dapat memicu gangguan pencernaan pada tubuh. Apa sebabnya? Sebabnya adalah ternyata garam dapat mengurangi kadar air dalam feses sehingga dapat mengeringkan. Alhasil feses akan sulit didorong.

Itu sebabnya sahabat dori, sebaiknya kurangi mengonsumsi makanan yang mengandung garam secara berlebih ya.

Itulah sahabat dori. Jenis makanan yang dapat memicu gangguan pencernaan alias sembelit yang melilit perut. Semoga bermanfaat.