Inilah Jenis-Jenis Sarung Tinju yang Perlu Kamu Ketahui!

23

Tinju identik dengan pukulan. Salah satu perlengkapan yang wajib dimiliki untuk bisa bermain tinju dengan baik adalah sarung tinju. Sarung tinju menjadi salah satu alat yang sangat penting dalam pertandingan. Namun ternyata, ada berbagai jenis sarung tinju yang dijual di pasaran.

Pemilihan sarung tinju yang tepat tentu akan sangat penting. Maka dari itu, diperlukan pengetahuan tentang sarung tinju. Berikut ini adalah beberapa jenis sarung tinju yang perlu kamu ketahui sebelum masuk ke dunia tinju:

1. Training gloves

Training gloves adalah sarung tinju yang digunakan untuk pemula. Bagi kamu yang baru saja mengenal tinju, gunakan training gloves sebagai permulaan. Sarung tinju jenis ini memiliki bahan yang sangat fleksibel sehingga akan meminimalisir terjadinya cedera pada ibu jari saat melakukan pukulan.

Training gloves juga lebih ringan dibandingkan dengan sarung tinju yang digunakan oleh profesional. Untuk ukuran amatir, training gloves memiliki berat sekitar 10 ons, sedangkan untuk profesional, training gloves memiliki berat sekitar 12 hingga 16 ons.

2. Bag gloves

Bag gloves adalah sarung tinju yang mampu meningkatkan performa dan stamina petinju saat melakukan pukulan. Bag gloves memiliki berat yang lebih besar dibandingkan dengan sarung tinju lainnya. Ada pula semacam loop yang terdapat di dalamnya yang berfungsi untuk melindungi bagian jari agar tidak cedera.

Fitur keamanan tambahan untuk jari ini semakin menambah kepastian bahwa cedera yang paling banyak terjadi pada seorang atlet tinju adalah cedera pada bagian jari atau tangan dan bukan kepala.

3. Professional fight gloves

Sama seperti namanya, professional fight gloves adalah sarung tinju yang sengaja dirancang untuk para petinju yang telah ahli dan berpengalaman. Professional fight gloves memiliki berat yang jauh lebih ringan dibandingkan dengan sarung tinju lainnya.

Sarung tinju jenis ini dibuat dari bahan kulit dan memiliki busa di dalamnya. Kulit yang digunakan pada umumnya adalah kulit asli sehingga lebih tahan lama. Untuk bobotnya sendiri tersedia dalam ukuran 8, 10, hingga 12 ons.

4. MMA gloves

Berbeda dengan sarung tinju biasa, sarung tinju MMA gloves justru memiliki lubang pada bagian jari sehingga tampak fingerless. Desain yang digunakan untuk sarung tinju ini juga lebih modis. Bobot sarung tinju ini juga lebih ringan yakni hanya sekitar 6 ons saja.

Itulah 4 sarung tinju yang perlu kamu ketahui sebelum masuk ke dalam dunia tinju. Pemilihan sarung tinju tidak harus dengan patokan harga mahal, namun perhatikanpula fungsi dan keawetan sarung tinju tersebut.