Inilah Cara Melakukan Perawatan Yang Tepat Untuk Mobil Bekas

38

Bagi sebagian orang, mungkin mobil bekas bisa menjadi salah satu pilihan alternative untuk membeli sebuah kendaraan beroda empat ini. Meskipun mobil bekas namun tidak semua mobil bekas memiliki kualitas buruk. Banyak mobil bekas yang menawarkan kualitas baik dengan harga yang cukup terjangkau.

Membeli mobil bekas tentu akan menghemat pengeluaran anda dalam membeli mobil. Mobil bekas juga tentu membutuhkan perawatan yang guna menghindari risiko kerusakan yang mungkin saja bisa terjadi kapanpun.

Memiliki mobil bekas juga memerlukan perawatan rutin agar kondisinya dan performanya tetap terjaga. Untuk itu, berikut merupakan cara yang tepat untuk perawatan mobil bekas.

  • Rutin mencuci mobil

Mencuci mobil merupakan salah satu cara perawatan mobil. Baik mobil baru maupun bekas, mencuci mobil menjadi salah satu perawatan yang dilakukan oleh setiap pemilik kendaraan. Mencuci mobil guna membersikan noda yang menempel di body mobil. Anda dapat mencuci mobil setidaknya smeinggu sekali. Mencuci mobil juga memerlukan shampoo khusus sesuai dengan kebutuhan mobil anda agar cat mobil anda tidak mudah rusak.

  • Rutin mengganti oli

Oli merupakan komponen penting dalam mobil sehingga kondisi oli harus dipastikan tetap baik dan terjaga sehingga kondisi performa mobil tetap prima. Oli yang lama tidak diganti akan membuat terjadinya gesekan antar komponen lain yang berakibat mesin mobil anda menjadi cepat rusak. Untuk itu rutin cek oli anda apakah sudah waktunya ganti atau belum sesuai dengan kondisi mobil anda.

  • Rutin memeriksa komponen mobil

Hal yang umum dilakukan oleh pemilik kendaraan mobil adalah memeriksa komponen mobil secara rutin, mulai dari bagian bawah seperti ban. Rem dan lain-lain hingga bagian-bagian lainnya. Memeriksa komponen mobil secara rutin bisa menghindari terjadinya kerusakan pada komponen mobil anda.

  • Rutin memeriksa radiator

Komponen lain yang harus diperiksa secara ruitn adalah radiator mobil. Radiator mobil ini berfungsi sebagai pendingin mesin kendaraan. Jika kondisi radiator mobil tidak baik maka kinerja mobil juga tidak akan maksimal. Untuk itu penting bagi anda memeriksa radiator mobil anda dan mengisi air radiator anda dengan penuh agar dapat bekerja sesuai fungsinya.

  • Rutin memeriksa kondisi ban

Selain memeriksa komponen lain, ada hal penting yang perlu diperhatikan yaitu ban. Untuk itu, penting bagi anda rutin memeriksa kondisi ban anda sebelum digunakan. Yang terpenting adalah periksa tekanan angin dan ketebalan ban mobil anda. Kondisi ban yang buruk tentu akan merugikan keselamatan anda di jalan.

  • Rutin melakukan pemanasan mobil sebelum digunakan

Jika hendak menggunakan mobil sebaiknya panaskan mobil terlebih dahulu sekitar kurang lebih 15 menit sebelum berkendara. Hal ini dimaksudkan agar mesin mobil anda tidak kaget jika langsung anda gunakan berkendara.

Itulah tadi pembahasan mengenai cara melakukan perawatan tepat untuk mobil bekas. Semoga bermanfaat!