Inilah 9 Penyebab Ngantuk di Pagi Hari, Nomor 8 Jangan Disepelekan!

72

Jika bekerja di pagi hari rasanya masih terasa kurang waktu istrahat malam tadi. Padahal tidur sudah cukup dan bangun pun tidak terlalu pagi. Kondisi ini sering saya rasakan dan alami berkali-kali. Menguap dengan waktu yang relatif lama, padahal kerjaan tidak sedang berat atau dalam jumlah banyak.

Sobat Doripost yang berbahagia, Pastinya pernah mengalami hal yang disebutkan di atas. Kondisi tadi bisa saja kita sebut sebagai sebuah ciri-ciri Kurang tidur. Tapi hal lainnya menjelaskan bahwa sudah cukup waktu untuk jam istirahatnya. Jadi kira-kira apa yah penyebab ngantuk di pagi hari.

Picture by: www.pixabay.com

Memang pada umumnya, ada beberapa penyebab yang membuat orang merasakan kondisi seperti kurang tidur. Namun bila kita telaah lagi, rasa ngantuk bisa disebabkan karena sering begadang atau berkurangnya waktu istirahat di malam hari. Dalam hal lain bisa saja hal berikut  ini menjadi penyebab masih saja ngantuk di pagi hari.

1. Mengalami Dehidrasi

Menguap terus di pagi hari bisa jadi karena mengalami dehidrasi ringan atau kekurangan cairan tubuh. Seperti yang kita ketahui, tubuh ini membutuhkan cairan yang cukup untuk menjalankan setiap organ yang terdapat di dalamnya. Fungsi cairan tubuh juga membantu mendistribusikan oksigen dalam darah, sehingga tubuh akan merasa fresh dan tidak merasa ngantuk.

Jika kebutuhan oksigen tersebut terpenuhi dengan cukup, secara otomatis tubuh akan lebih bergairah dan bersemangat pastinya. Jadi, jangan lupa untuk memenuhi cairan tubuh. Salah satunya bisa dengan cara tetap minum air putih minimal 2 liter per hari.

2. Efek Mengkonsumsi Obat

Jika merasa mengantuk, bisa jadi karena efek dari obat yang telah dikonsumsi. Pada beberapa obat yang mengandung antihistamin memang menimbulkan efek ngantuk. Itu karena sifat dari antihistamin yang menenangkan kepada orang yang mengkonsumsinya. Biasanya hal ini akan dialami oleh orang yang mengalami flu dan mengkonsumsi obat flu. Pada dasarnya memang obat flu mengandung antihistamin yang berfungsi meredakan flu itu sendiri dengan cara melamat zat histamine dalam tubuh.

3. Sedang  Mengalami Stres atau Depresi

Memang semua orang memiliki takaran sendiri dalam setiap problematika hidupnya. Tekanan masalah yang dihadapi biasanya akan menimbulkan efek stres. Jika hal itu terjadi secara terus menerus, efek stres akan meningkat ke jenjang yang lebih serius berupa Depresi.

4. Tidur tidak nyenyak

Tidur tidak nyenyak dan suka bangun tidur di tengah malam adalah sebagian penyebab lainnya dari mengantuk di pagi hari. Hal ini bisa mengurangi siklus jam istirahat kamu sehingga keesokan harinya anda akan merasa mengantuk.

5. Alkohol

Meminum alkohol pada malam hari akan mengakibatkan kamu bangun di pagi hari masih merasa mengantuk dan tidak bersemangat. Sehingga, rasa mengantuk masih terasa daru pagi sampai siang hari. Jika kamu mengkonsumsi alkohol sedikit tapi rutin minum setiap hari, hal tersebut bisa membuatmu mengantuk sepanjang hari.

6. Memiliki Penyakit

Ternyata ada beberapa penyakit yang bisa menyebabkan kamu merasa mengantuk dan lelah di pagi hari. Penyakit tersebut yaitu anemia, coeliac, diabetes,infeksi saluran kemih,demam kelenjar.

7. Kopi

Kopi memiliki cafein yang sangat tinggi yang bisa membuat anda tidak mengantuk. Sangat tidak di anjurkan jika kamu meminum kopi di malam hari. Hal tersebut bisa membuat kamu susah tidur dan akan berakibat mengantuk di pagi hari.

8. Tidur miring ke kanan

Ternyata, tidur miring ke kanan bisa menyebabkan kamu merasa mengantuk di pagi, kok bisa ya? menurut feng shui, saat kamu tidur miring ke kanan tanpa anda sadari kualitas tidur anda tidak terasa nyaman dan selalu bangun di malam hari.

9. Terlalu banyak tidur

Terlalu banyak tidur atau tidur lebih dari 8 jam adalah hal yang sangat buruk sekali. Efek dari itu semua akan membuat badan kamu merasa lemas dan mudah mengantuk di pagi hari.

Menjadi hal yang sangat penting sekali untuk kamu bisa menjaga kesehatan di pagi hari. Tips yang bisa saya sarankan adalah buatlah jadwal jam istirahat yang berkualitas supaya kamu bisa bangun pagi lebih segar dan tidak merasa mengantuk.