9 Cara Merawat Jok Mobil Kulit Agar Tetap Awet

9

Jok mobil merupakan salah satu bagian penting dan mudah terlihat. Sehingga, akan sangat tidak nyaman jika jok mobil kulit terdapat noda yang menempel. Maka dari itu menjaga kebersihan jok mobil sangat penting dilakukan. Untuk itu berikut ini adalah tips-tips merawat jok mobil yang bisa dilakukan dengan mudah sehingga bisa segera dipelajari dan dipraktekkan.

  1. Mengenal Jenis Bahan Jok Mobil Kulit

Jok mobil kulit ternyata memiliki banyak jenis lainnya. Merawat jok mobil akan lebih baik jika dilakukan dengan mengetahui jenis jok pada mobil Anda. jenis-jenis jok mobil yang perlu Anda ketahui adalah syntethetic leather (semi kulit) dan jok mobil kulit asli.

  1. Gunakan Vacuum Cleaner

Membersihkan dan merawat jok mobil kulit bisa dilakukan dengan cara membersikannya dari debu yang menempel secara rutin. Anda bisa menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu tidak terlihat pada jok mobil Anda.

  1. Menggunakan Lap dan Plas Chamois

Membersihkan jok mobil kulit memerlukan peralatanlain selain vacuum cleaner, yaitu lap dan plas chamois. Kedua alat ini bisa digunakan untuk membersihkan noda yang sulit dihilangkan.

  1. Gunakan Obat Khusus Pembersih Jok Mobil

Penggunaan obat pembersih khusus jok mobil kulit akan memberikan hasil yang lebih optimal. Cara menggunakan pembersih ini yang baik adalah dengan menuangkannya secara bertahap den sedikit-sedikit agar tidk cepat mongering.

  1. Segera Dibersihkan Apabila Terdapat Noda yang Menempel

Tips merawat jok mobil kulit adalah dengan cara segera melakukan pembersihan apabila ada noda yang menempel pada jok mobil. Apabila noda yang menempel itu dibiarkan lebih lama, maka ini akan membuatnya sulit untuk dibersihkan.

  1. Melakukan Pembersihan Rutin

Selain langsung membersihkan noda yang menempel, membersihkan jok mobil kulit secara rutin juga penting untuk dilakukan. Setidaknya Anda perlu melakukan pembersihan secara rutin minimal dua bulan sekali.

  1. Menggunakan Conditioner Khusus

Merawat jok mobil kulit  memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Jika perawatan tidak sesuai, maka alih-alih membuat jok mobil bersih dan indah malah akan menimbulkan kerusakan pada material jok mobil. Salah satu yang paling penting adalah dengan menjaga kelembapan jok mobil berbahan dasar kulit. Anda bisa menggunakan conditioner khusus minimal sekali dalam tiga atau empat bulan pada jok mobil Anda.

  1. Tidak Parkir Sembarangan

Tempat parkir juga bisa mempengaruhi jok mobil kulit loh. Jika memungkinkan, carilah tempat parkir yang tidak terkena sinar matahari secara langsung yang mengenai jok mobil.

  1. Memasang Sun Visor pada Kaca Mobil

Selain parkir pada tempat yang tidak terkena matahari langsung, cara lain untuk mensiasatinya adalah dengan menggunakan sun visor yang dapat menghalangi jok mobil kulit terkena panas matahari.

Sekian tips dan cara merawat jok mobil kulit. Meski jok mobil kulit lebih sulit untuk dirawat namun hal ini sebanding dengan gengsi yang Anda rasakan.